Usai Raih Juara Debat Terbaik, Qurratul Aina Wakili Aceh ke Nasional

BIREUEN (RA) – Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan kembali menyelenggarakan kompetisi Umuslim Debate Society (UDS), ajang pencarian bakat untuk mahasiswa Almuslim yang akan bertarung di kompetisi debat tingkat Nasional, dengan menghadirkan pelatih Nasional coach Rafi.

Qurratul Aina merupakan gadis cantik kelahiran Bireuen 09 Oktober 2002, buah hati dari pasangan Fuadi mantan kepala desa Teupin Reudep dan Cut Husna Al Jamalulail Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Peusangan Selatan. Ia berhasil meraih juara 1 debat terbaik dan kemudian akan mewakili Umuslim ke Nasional.

Aina adalah mahasiswi Umuslim prodi Hubungan Internasional, lulusan pesantren Syamsuddhuha yang pintar berbicara bahasa Inggris dan hobi ikut kompetisi debat dalam berbagai bahasa. Gadis multitalenta ini merupakan cicit habib Bugak dari Jalur Nasab ibunya.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) adalah ajang perlombaan yang diadakan langsung oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Hampir setiap tahunnya seluruh mahasiswa di Indonesia sangat antusias dalam mengikuti ajang perlombaan ini, mereka akan dituntut untuk bisa menguasai pengetahuan global, menganalisis dan membuat argument untuk meyakinkan publik.

Salah satu syarat dalam mengikuti ajang perlombaan ini adalah setiap Tim terdiri dari 3 orang dan hanya satu tim saja yang dapat mewakili wilayah untuk melanjutkan perlombaan ke tingkat Nasional. kali ini, kampus Umuslim mangadakan seleksi mahasiswa-mahasiswi berbakat untuk ikut kompetisi debat tingkat Nasional.

“Terima kasih saya ucapkan kepada kedua orang tua yang selalu mendukung selama ini. Kemudian kepada para mentor, coach yang telah melatih, para dosen yang senantiasa membimbing dan kepada Rektor Universitas Almuslim. Semoga para peserta debat yang terpilih bisa melanjutkan ke tingkat Nasional,” ujar Qurratul Aina kepada Rakyat Aceh via seluler, Rabu (17/3).

Disebutkan, keberhasilan ini semoga bisa menjadi motivasi bagi kepribadiannya untuk terus semangat dalam meraih prestasi di bidang pendidikan.

“Kami mohon doa dari semuanya agar para peserta debat dari Universitas Almuslim bisa mengharumkan Nama kampus di tingkat Naaional,” ujar Aina. (akh)