Kecamatan Meuraxa Siap Sukseskan Pendataan Keluarga (PK) 2021

HARIANRAKYATACEH.COM – Balai Penyuluh KB Kecamatan Meuraxa mengadakan advokasi kepada 16 Geuchik Kecamatan Meuraxa guna menyukseskan Pendataan Keluarga (PK 2021) yang akan dilakukan pada 1 April hingga 31 Mei pada Kamis (18/03). Kegiatan pertemuan (sarasehan) dibuka oleh Camat Meuraxa, Ardiansyah, S.STP., M.Si dan Koordinator BPKB Kecamatan Meuraxa, Ir. Faizah.

“Advokasi ini membahas kegiatan Pendataan Keluarga (PK 2021), persiapan, sarana dan prasana serta tim atau kader pendata yang akan turun ke desa-desa. Kita meminta dukungan penuh dari perangkat desa agar kegiatan pendataan ini dapat berjalan lancar” ungkap Faizah.

Pendataan Keluarga (PK 2021) merupakan upaya untuk mengumpulkan data dan informasi keluarga yang akan menjadi dasar dalam menyediakan kebutuhan keluarga untuk perencanaan kehidupannya di berbagai aspek. Proses pendataan keluarga ini akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia selama dua bulan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita berharap kepada seluruh pihak untuk dapat saling bersinergi dan saling memberikan informasi tentunya dengan komunikasi yang baik kepada seluruh pihak agar proses pendataan ini dapat dilaksanakan dengan lancar” jelas Ardiansyah.

Ia menambahkan pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh perangkat mulai dari MUSPIKA hingga tingkat gampong termasuk geuchik dan para kader yang akan melakukan pendataan agar dapat bekerja secara penuh dan ikhlas dalam menyukseskan kegiatan ini.

Proses pengumpulan data khususnya di kecamatan Meuraxa akan dilakukan menggunakan aplikasi smartphone yang akan dilakukan oleh 32 kader pendata kepada 5926 target KK di 16 desa melalui indikator kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (Bangga Kencana).

Pelaksanaan pengumpulan data akan diawasi langsung oleh Manager Data dan Supervisor pendataan di tingkat Kecamatan. Untuk selanjutnya akan dilakukan proses perekapan dan sarasehan hasil Pendataan Keluarga (PK 21) pada Juli hingga Agustus 2021.

“Kami sangat mendukung penuh kegiatan Pendataan Keluarga ini. Kami berharap PK 2021 dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat menjadi momen dalam rangka menuju data keluarga yang mandiri dan berkualitas. Serta data ini nantinya juga bisa kita pergunakan untuk tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat” tambahnya. (Nela)