15 Tahun Lalu Dibangun, Hari Ini Lapas Kelas III Sinabang Resmi Difungsikan‎

HARIANRAKYATACEH.COM (RA) – ‎Fasilitas bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sinabang, yang dibangun 2006 lalu, telah dipastikan resmi difungsikan hari ini, selepas shalat Jumat (19/3).

Perdana operasional Lapas Kelas III Sinabang, berada dikawasan Desa Suak Buluh, Kecamatan Simeulue Timur, yang diresmikan langsung Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, Heni Yuwono Bc.IP., S.Sos., M.Si‎

‎”Hari ini, selepas sholat Jumat, gedung dan fasilitas Lapas Kelas III Sinabang, diresmikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, Heni Yuwono‎‎”, kata Suparman SH, Kepala Lapas Kelas III Sinabang, kepada harianrakyataceh.com, Jumat (19/3).

Dia menambahkan, peresmian Lapas Kelas III Sinabang yang langsung dilaksanakan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, juga turut didampingi ‎sejumlah pejabat teras dari ‎Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Aceh.

“Undangan resmi sudah kita sebarkan‎ untuk acara hari ini, dan termasuk undangan kepada rekan-rekan jurnalis dengan wilayah tugasnya di Simeulue”, imbuhnya, yang terlihat buru-buru hendak kebandara udara Lasikin, untuk persiapan penyambutan tamunya.

Diketahui Lapas Kelas III Sinabang dengan luas areal 4,5 hektare akan mampu menampung lebih dari 150 narapidana, kembali dilakukan rehap total pembangunannya, setelah mendapat dukungan anggaran senilai Rp 12 miliar tahun 2020 lalu dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Setelah diresmikan, akan dilakukan pergeseran narapidana dari bangunan Lapas yang lama ke Lapas yang baru, dan sebelumnya bangunan yang diperuntukkan untuk Lapas Kelas III yang dibangun 15 tahun lalu oleh pihak BRR Aceh – Nias, yang sempat terlantar dan tidak terawat. (ahi).