Ormas Miliki Peran Penting Sukseskan Pembangunan

Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Ormas yang dilakukan Badan Kesbangpol Kota Langsa di Vitra Tirta Convention Hall, Kecamatan Langsa Barat, Jum'at (19/3). (Rakyat Aceh/Putra Zulfirman).

HARIANRAKYATACEH.COM – Wakil Ketua DPRK Langsa, Saifullah mengatakan organisasi kemasyarakatan (Ormas) memiliki peran penting dalam menyukseskan agenda pembangunan nasional dan daerah.

“Berkaca dari sejarah perjuangan bangsa kita, peran strategis organisasi masyarakat cukup signifikan,” sebut Saifullah disela acara Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Ormas yang diselenggarakan Kesbangpol Kota Langsa di aula Vitra Tirta Convention Hall, Jum’at sore (19/3).

Dikatakan, tonggak pergerakan perjuangan Indonesia dimotori oleh Organisasi Budi Utomo. Dari situ, jelas terlihat konstribusi ormas dalam merebut kemerdekaan dan hingga masa kemerdekaan untuk mengisi pembangunan.

Sebagai wakil rakyat, Saifullah berujar akan terus memperhatikan keberadaan Ormas, OKP, LSM dan organisasi profesi di daerah itu, sehingga bisa berkegiatan membantu pemerintah dalam banyak aspek pembangunan.

“Hendaknya setiap kegiatan Ormas, OKP maupun LSM mendapat dukungan pemerintah, termasuk bantuan anggaran pembiayaan program kerja demi kemajuan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Saifullah.

Pun demikian, Saifullah meminta pimpinan Ormas di Kota Langsa untuk tidak mengkritisi derap pembangunan berdasarkan kebencian terhadap individu, melainkan kritik konstruktif terhadap lembaga penyelenggara pemerintah bila terdapat kealpaan dan kekeliruan.

Pada kegiatan tersebut, sedikitnya 110 organisasi kemasyarakatan di Kota Langsa menjadi peserta mengikuti sosialisasi pembinaan dan pengawasan oleh Badan Kesbangpol setempat.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Langsa, Agussalim menyebut, kegiatan tersebut diharapkan terdapat persamaan persepsi dalam menyikapi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di Kota Langsa.

“Mari kita bersatu padu, membantu dan mengawal agenda pembangunan di daerah ini,” ajak Agussalim, seraya meminta perwakilan Ormas agar membentuk Forum Komunikasi Ormas Kota Langsa, guna mempermudah koordinasi dan komunikasi antar sesama elemen bangsa. (put)