Progres TMMD Capai 90 Persen

BIREUEN (RA) – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 0111/Bireuen masih berlangsung. Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, meninjau pelaksanaan pekerjaan TMMD di Desa Alue Limeng, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Kamis (18/3).

Kunjungan tersebut menemui personel Satgas TMMD 110 yang sedang mengerjakan bangunan Rumah Layak Huni yang hampir rampung bersama warga. Di sela kunjungannya, Danrem Baskoro sempat bertemu Mulyadi dan istri yang merupakan pemilik rumah di bangun, sekaligus makan bersama di lokasi pembangunan rumah tersebut.

Katanya, pekerjaan TMMD hingga saat ini sudah mencapai 95%. Diantaranya, peningkatan jalan sepanjang 10 kilometer yang melewati tiga desa, Desa Alu Lime, Mon Mane dan Desa Cut Mugo.

“Ya walaupun jalan yang kita bangun belum di aspal, namun sudah bisa di lewati kendaraan roda empat, dan intinya mempermudah mobilitas dan distribusi hasil panen masyarakat, seperti jagung, pinang dan lain-lain,” ujar Danrem.

Dirincikan, pembangunan Rumah Layak Huni sudah mencapai 85%. Rumah tersebut juga akan dilengkapi dengan jamban sehat. Selain program fisik, kegiatan TMMD juga di isi program non fisik seperti penyuluhan kesehatan serta bahaya Narkoba.

“Ancaman Narkoba saat ini sudah luar biasa, terutama daerah pesisir utara. Sehingga program-program non fisik berupa penyuluhan bahaya narkoba itu wajib selalu ada di setiap program TMMD,” sebutnya.

Selain itu, juga dilakukan pekerjaan sosial, diantaranya pengecatan Meunasah, Mushola dan lainnya yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan pada tanggal 31 Maret rampung di selesaikan dan akan di serahkan kepada pemerintah Kabupaten Bireuen, serta kepada pemilik rumah tentunya. (akh/icm)