Sebelum Terbit Matahari 1 April, SK harus Sudah Tersampaikan

Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M. Kes didampingi, Sekretaris Daerah Kota Subulussalam, Ir. Taufik Hidayat, MM. Dan Sekdis Pendidikan Aceh, T. Nara Setia, menyerahkan SK kenaikan pangkat dan Pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Subulussalam dan Aceh Singkil yang berlangsung di Kantor Wali Kota Subulussalam Senin, (22/3/2021). FOTO HUMAS PEMERINTAH ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Cuara Senin (22/3/2021) pagi nampak begitu cerah di langit Kota Subulussalam. Raut wajah bahagia terlihat jelas terpancar di wajah Zilmi N. Sembari menggendong buah hatinya yang berusia 9 bulan, Cek Gu Zilmi N bergabung dalam barisan antrian untuk menerima langsung Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat dari Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah.

Saat ini, wanita berusia 34 tahun itu mengabdikan diri sebagai guru, di SMA Negeri 1 Pulau Banyak, Singkil.

Sejak Minggu (21/3) dirinya bersama rekan PNS penerima SK sudah menyeberang ke Subulussalam. “Meski perjalanan jauh dan lelah tapi kami senang sekali bisa menerima SK langsung dari Pak Sekda Aceh,” kata Zilmi.

Hal senada disampaikan oleh Bustamam, rekan Zilmi di SMA Negeri 1 Pulau Banyak itu mengaku penyerahan SK oleh pimpinan birokrasi tertinggi di Aceh ini merupakan sejarah baru yang sangat membanggakan bagi dirinya dan rekan-rekan.

“Ini merupakan sejarah baru, sangat membanggakan. Kami merasa mendapat penghormatan khusus dari Gubernur Aceh yang telah menugaskan Pak Sekda Aceh untuk menyerahkan SJ langsung ke tangan kami,” ujar Bustamam.

Bustami juga mengapresiasi penyerahan SK Kenaikan Pangkat bagi dirinya dan rekan-rekan seprofesi, yang telah sampai di tangan mereka bahkan sebelum waktu Terhitung Mulai Tanggal (TMT). “Biasanya, jika TMT-nya April, maka butuh waktu 2 hingga 3 bulan baru SK kami terima, yaitu di bulan Juni atau Juli. Jadi, kami tidak menerima gaji di Bulan April dan Mei. Gaji akan kami terima pada bulan kami menerima SK, bukan pada bulan TMT yang tertera di SK. Jadi kami sangat mengapresiasi dan sangat berterima kasih dengan penyerahan SK langsung ini. Terima kasih Pak Sekda,” kata Bustamam.

Camat Simpang Kiri, Rahmayani Sari Munthe juga menyatakan hal senada. Wanita yang juga menerima SK Kenaikan Pangkat dari Sekda Aceh ini mengaku bangga. “Kami merasa bangga dan sangat mengapresiasi Sekda Aceh yang telah terjun langsung ke daerah untuk menyerahkan SK kepada kami,” kata alumni IPDN itu.

Hari ini, sebanyak 148 PNS menerima SK Kenaikan Pangkat, yang langsung diserahkan oleh Sekda Aceh, di halaman Kantor Wali Kota Subulussalam. Dari jumlah tersebut, sebanyak 39 PNS  yang menerima SK adalah PNS yang mengabdi di Subulussalam.

Dari jumlah tersebut 2 PNS Penerima SK adalah tenaga pendidik di Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Subulussalam. Dan 37 sisanya adalah ASN yang berasal dari sejumlah dinas, di Subulussalam.

Sementara itu, 109 lainnya adalah PNS yang mengabdi di Kabupaten Singkil. Dari jumlah tersebut, 48 di antaranya adalah tenaga pendidik dan 3 PNS adalah tenaga administrasi di Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Singkil dan 58 penerima SK lainnya merupakan PNS yang selama ini mengabdi di sejumlah dinas di Singkil.

Sebagaimana diketahui, sesuai arahan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 April 2021, harus sudah tersampaikan kepada yang menerima, sebelum matahari terbit di tanggal 1 April.

Gubernur bahkan menugaskan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, untuk menyerahkan SK ke setiap PNS di seluruh Aceh, sejak tanggal 19 Maret hingga 27 Maret mendatang. (ra)