Sambut Ramadhan, Desa Lingka Kuta Gelar MTQ

BIREUEN (RA) – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, Desa Lingka Kuta, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan serangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Meunasah setempat, Minggu (21/3) malam.

Sebanyak enam cabang di perlombakan untuk jenjang pendidikan yang berbeda-beda, mulai dari jenjang SD/MI dan SMP/MTsN. Adapun cabang perlombaan yaitu, lomba Azan, Tahfizd, Shalat Berjamaah, Tilawah, Pidato, dan Cerdas Cermat (CC).

Ketua Panitia Pelaksana, Siti Hawa, S.Pd dalam laporannya mengatakan, semua cabang perlombaan terselesaikan dengan sukses dan khitmad berkat kinerja panitia yang sangat maksimal selama tiga hari.

Disebutkan, peserta yang mengikuti perlombaan MTQ sebanyak 85 orang terdiri dari tiga Dusun, yaitu Dusun Kuta Trieng, Pocut Chiek dan Haji Panglima.

“Besar harapan kami, semoga dengan terselenggaranya kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami seperti ini dapat menumbuhkan minat anak-anak untuk selalu belajar pendidikan agama dan selalu rajin mendalami kandungan isi Al-Quran,” ujar Siti Hawa.

Sementara Keuchik Desa Lingka Kuta, Surya Dharma, S.H dalam sambutannya menyampaikan, dengan moment perlombaan MTQ seperti ini, semoga dapat menjaga kekompakan antar masyarakat.

“Menyambut bulan suci Ramadhan, kami senantiasa selalu mengarahkan anak-anak untuk peduli terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan seperti mendalami Al Qur’an dengan baik dan benar, karena pedoman orang Islam dalam berkehidupan tidak dapat di pisahkan dari prinsip-prinsip keagamaan,” kata Surya Dharma.

Kegiatan MTQ ini, sebutnya, bukan ajang persaingan antar anak-anak, melainkan untuk menanam sejak dini keterampilan dan memotivasi mereka supaya semakin giat dalam belajar, karena mereka merupakan generasi masa depan di desa.

“Anak-anak kita merupakan aset masa depan. Kami berharap kepada seluruh orang tua, didik dan bimbinglah mereka ke arah yang lebih baik. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan yang bernuansa agama seperti ini, dapat mengundang keberkahan bagi kita semua,” harap Keuchik Lingka Kuta.

Pada penutupan acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), turut di hadiri para aparatur Desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta ratusan masyarakat setempat. (akh)