Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 24 Mar 2021 17:05 WIB ·

Ketua Komisi VI DPRA : Kebersihan Masjid, Tanggung Jawab Kita semua


 Ketua Komisi VI DPRA, Tgk H Irawan Abdullah, S.Ag menyampaikan materi pada kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Manajemen Masjid bagi Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Se Aceh yang dilakasanakan oleh Dinas Syariat Islam Aceh di The Pade Hotel, Jalan Soekarno-Hatta No. 1, Daruy Kameu, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (24/03/2021). FOTO FOR RAKYAT ACEH Perbesar

Ketua Komisi VI DPRA, Tgk H Irawan Abdullah, S.Ag menyampaikan materi pada kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Manajemen Masjid bagi Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Se Aceh yang dilakasanakan oleh Dinas Syariat Islam Aceh di The Pade Hotel, Jalan Soekarno-Hatta No. 1, Daruy Kameu, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (24/03/2021). FOTO FOR RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Di Aceh, masih terdapat masjid-masjid yang belum mandiri dalam pengelolaannya, baik pengelolaan aset sampai kepada urusan kebersihan yang menjadi faktor utama kenyamanan para jamaah.

Padahal kebersihan masjid merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dalam mengelola mesjid. Karena dengan kebersihan maka akan dengan mudah menarik minat para jamaah untuk melaksanakan ibadah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi VI DPRA, Tgk. H. Irawan Abdullah, S.Ag saat menjadi pemateri pada kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Manajemen Masjid bagi Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Se Aceh di The Pade Hotel, Jalan Soekarno-Hatta No. 1, Daruy Kameu, Darul Imarah, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (24/03/2021).

Kegiatan dengan tema “Jadikan Masjid sebagai Pusat Kegiatan Dakwah dan Pembinaan Ummat” itu dilaksanakan oleh Dinas Syariat Islam Aceh dan diikuti oleh 54 peserta dari sejumlah BKM.

Dalam paparannya Tgk H Irawan Abdullah menyampaikan, masjid memiliki berbagai fungsi yang seharusnya dapat dimaksimalkan dengan baik oleh BKM. Dengan demikian masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah saja. Akan tetapi juga berfungsi untuk lainnya, yaitu sebagai pusat informasi, pusat kajian dan dakwah bahkan sampai kepada pusat untuk mensejahterakan masyarakat.

“Masjid seharusnya memberdayakan dan mensejahterakan jamaah. Bukan sebaliknya malah menjadi menjadi beban bagi jamaah,” kata Tgk Irawan Abdullah.

Anggota DPRA Fraksi PKS itu menambahkan selama ini banyak warga atau masyarakat ketika melakukan perjalanan jauh lebih memilih untuk menggunakan fasilitas di SPBU untuk beribadah ataupun toilet dalam aktifitas sehari-hari. Padahal mesjid sejatinya harus jauh lebih efektif untuk masyarakat dalam hal beribadah.

“Jika konsep kebersihan masjid lebih baik dibanding SPBU atau fasilitas umum lainnya, maka secara otomatis masjid akan mampu memberdayakan masyarakat di sekitarnya, seperti membuka swalayan, rumah makan, atau kegiatan usaha lainnya. Dan hal itu tentunya akan dengan mudah dilakukan jika kita memulainya dengan senantiasa menjaga kebersihan masjid,” pungkas Tgk Irawan Abdullah.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Bupati Aceh Besar Bekali Mahasiswa KKN USK

22 June 2024 - 17:53 WIB

Pemko Banda Aceh akan Intensifkan Penertiban Gepeng

22 June 2024 - 14:22 WIB

Memperingati HANI 26 Juni 2024, Kepala.BNNP Aceh Ajak Pasang Papan Bunga di Tempat Umum

22 June 2024 - 10:34 WIB

MIN 36 Aceh Besar Juara 2 Nasional Kantin Sehat

21 June 2024 - 17:32 WIB

Kadisdik Aceh Kunjungi ARC USK Bahas Kerjasama Pembinaan Siswa SMK dan SMA

21 June 2024 - 16:49 WIB

Kasdim 0101 Kota Banda Aceh Ikuti Technical Meeting Lomba Kampung Pancasila

21 June 2024 - 15:27 WIB

Trending di METROPOLIS