Demi Menginjak Tanah Suci, Jamaah Haji Aceh Barat Rela Disuntik

HARIANRAKYATACEH.COM – Mempersiapkan diri menuju tanah suci, sebanyak 154 calon jamaah haji asal Kabupaten Aceh Barat, disuntik vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Demi memastikan kondisi tubuh terbebas dari wabah Corona, sebelum berangkat. Kamis (25/3).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs. Tharmizi menyebutkan, sejumlah 154 jamaah haji yang menjalani penyuntikan vaksin Covid-19, terlaksana pada dua lokasi, yaitu di UPT Puskesmas Johan Pahlawan dan UPT Puskesmas Suak Ribee.

“Cuma vaksinasi ini tidak selesai satu tahap, akan ada sampai tiga tahap. Jadwal pelaksanaan sampai Sabtu (27/3) mendatang,” terangnya.

Memang diakui Tharmizi, jika jadwal keberangkatan pelaksanaan haji tahun 1442 Hijriyah/2021 Miladiyah, belum ada informasi kepastian jadwal keberangkatan. “Tapi infonya, untuk keberangkatan kali ini, sedang menunggu konfirmasi persetujuan dari Pemerintah Arab Saudi saja,” ungkapnya.

Meskipun belum ada jadwal keberangkatan yang pasti, namun

Tharmizi tetap menjalankan berbagai proses tahapan yang menjadi persiapan, salah satunya melakukan vaksinasi kepada seluruh calon jamaah haji.

“Jika informasi keberangkatan telah berhasil di konfirmasi, jadi calon jamaah dari daerah kita uda siap. Semoga proses keberangkatan ke tanah suci tahun ini, berjalan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Bambang yang merupakan satu dari 154 calon jamaah Haji Aceh Barat, mengharapkan keberangkatan haji tahun ini agar tidak kembali tertunda. Ia mengharapkan seluruh jamaah dapat diberangkatkan tanpa harus mengambil alternatif lain, meskipun harus melewati proses protokol kesehatan.

“Kita siap ikuti protokol kesehatan. Jangan sampai keberangkatan tahun ini tertunda lagi. Sudah satu tahun kami tertunda,” keluhnya.(den)