Turut Disaksikan Kadisdikbud dan Ketua MPD, PGRI dan YARA Teken MoU Pendampingan Hukum Gratis

HARIANRAKYATACEH.COM – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Subulussalam menggandeng Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Subulussalam sebagai penasehat hukum untuk pengurus dan anggota PGRI setempat.

Kerjasama kedua wadah tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang di gelar di kantor PGRI Kota Subulussalam, di Desa Pegayo, Kecamatan Simpang Kiri, Sabtu (27/3/2021).

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H. Sairun, Sekretaris Cabang Disdikbud Aceh wilayah Singkil-Subulussalam, Karimi, dari pihak Kamenag yang dihadiri Ust. Marwan Z, dan Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam, Jaminuddin B.

Pendampingan hukum tersebut diberikan secara cuma-cuma alias gratis oleh YARA kepada guru dibawah naungan PGRI jika berhadapan dengan hukum baik litigasi maupun non litigasi ” ini adalah sebagai abdi kita kepada guru dimana kedepannya ada para guru yang berhadapan dengan hukum akan kita dampingi dan itu kita berikan secara gratis tanpa pembayaran ” kata Edi Sahputra Bako selaku Ketua YARA Perwakilan Subulussalam saat menyampaikan sambutan nya.

Selain litigasi, Edi juga menyampaikan pihaknya akan memberikan layanan hukum non litigasi kepada guru dan penyuluhan hukum kepada guru dengan cara turun ke lapangan untuk memberikan penyuluhan ” Nota Kesepahaman ini dibuat untuk memberikan rasa nyaman terhadap guru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kerjanya sebagai pendidik, melihat belakangan ini tingginya persoalan hukum yang dihadapi para guru dalam melaksanakan tugasnya tentu ini menjadi persoalan serius untuk kita hadir dalam memberikan pendampingan hukum ” ungkap Edi.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Subulussalam, Antoni Berampu sangat berterima kasih kepada YARA atas kepedulian dalam memberikan pendampingan anggota nya. Antoni Berampu mengakui sebelumnya YARA tetap hadir jika guru mendapat masalah dalam segi pelaksanaan tugas ” ini merupakan suatu langkah yang baik. Saya selaku ketua PGRI mengucapkan terima kasih kepada YARA Perwakilan Subulussalam atas kepedulian kepada guru ” kata Antoni.

Dalam kesempatan itu, Kepala Disdikbud Subulussalam, H. Sairun menyatakan mendukung penuh atas kegiatan tersebut. Hal serupa disampaikan Ketua MPD bahwa kegiatan ini merupakan perdana dilaksanakan di provinsi Aceh ” awalnya tadi saya buka-buka google apakah di kabupaten/kota di Aceh sudah pernah melaksanakan kegiatan seperti ini, ternyata Subulussalam daerah yang pertama kali melaksanakan. Meski Subulussalam merupakan daerah bungsu di Aceh, tapi Subulussalam mampu menorehkan contoh-contoh yang baik dan bermanfaat. Ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi ” kata Jaminuddin (lim)