Unimal Wisuda 861 Mahasiswa di Kampus Reuleut

HARIANRAKYATACEH.COM – Universitas Malikussaleh (Unimal) melakukan wisuda angkatan 25 sebanyak 861 mahasiswa di Kampus Utama Reuleut Aceh Utara, Sabtu (27/3). Dari jumlah mahasiswa itu terdiri 46 orang magister, 4 orang profesi, 790 orang S1, 21 orang diploma. Sementara 248 mahasiswa diantaranya dinyatakan lulus dengan predikat cum laude.

Ketua Panitia Pelaksanaan Wisuda, Dr. Julimursida yang juga Pembantu Rektor (PR) I Unimal mengatakan, wisuda dengan sistem drive thru atau latatur ini merupakan yang ke dua kalinya setelah dilaksanakan pada bulan November tahun lalu. Model wisuda seperti itu hanya untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19 . Dimana wisudawan tidak berkumpul dan tidak duduk di tribun wisuda, namun wisudawan turun kenderaan dan dipandu dengan barisan antrean berjarak 1 meter dan didampingi orang tua wisudawan di sebelah kiri-kanan. Selanjutnya wisudawan langsung ke podium untuk pengukuhan,

Sementara Rektor Unimal, Dr. Ir. Herman Fithra, ST, MT, IPM, ASEAN

Eng, dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa yang di wisuda hari ini. “Ananda sudah di wisuda dan memenuhi cita-cita orang tua yang telah tercapai, peluklah erat orang tua mu dan cium mereka agar semua kelelahan, air mata bahkan darah mengalir yang mereka perjuangkan untuk ananda, agar mereka puas dan gembira dengan kelelahan yang mereka perjuangkan. Jika orang tua mu sudah meninggal dunia berdoalah untuk mereka agar segala amal ibadahnya diterima Allah,”ucapnya.

Rektor juga menyebutkan, prestasi Unimal yang selalu meningkat terus diantaranya Webometrics rangking dari 385 menjadi 102 di 2020 naik lebih 200 persen. Pada juli 2020 naik melejit kencang ke peringkat 44 dari selutuh PTN dan PTS yang ada Indonesia. Namun, sekarang berada di posisi 40.

Untuk peringkat Schimago institutuins berada pada nomor 2 pada tahun 2020, aspek penilaiannya di bidang riset 50 persen, inovasi 30 persen dan kemudahan akses oleh publik 20 persen.

“Untuk peringkat sistem informasi manajemen dan pemeringkatan kemahasiswaan (Simkatmawa) berada di 90, dengan atmosfir semangat ketekunan dan kekompakan segenap civitas akademik sekarang kami yakin dan kami targetkan tahun 2021 naik ke 50 besar,”katanya, dalam relisnya kepada Rakyat Aceh.

Selain itu, dalam tahun 2020 lalu Unimal berada di urutan pertama penerima KIP K dan di tahun 2021 Unimal urutan ke 3 jumlah mahasiswa penerima beasiswa KIP K/bidikmisi sebanyak 938 orang.

Sedangkan jumlah dosen yang sedang menempuh program doktoral di luar negeri sejumlah 20 orang yang tersebar di berbagai negara diantaranya Inggrs, Jerman, Belanda, Australia dan Jepang. 15 diantaranya penerima beasiswa ADB.

Selain itu, lanjut dia ada satu kepercayaan publik dan pemerintah daerah kepada Unimal khusunya kabupaten Pidie, dimana Akper Pidie bergabung dengan Unimal tahun 2021. “Ini menunjukkan tatakelola Unimal semakin baik dan akuntabel serta prestasi semakin meningkat. Akper Pidie Unimal atau disebut Diploma 3 Keperawatan Unimal tahun ini sudah mulai menerima mahasiswa melalui jalur mandiri,”ungkapnya. (arm/ra)