42 Wartawan Menjemput Kompetensi di Kota Langsa

Suasana penutupan UKW PWI Aceh Angkatan 12-13 di Hotel Harmoni Kota Langsa, Selasa (30/3). (Rakyat Aceh/Ist).
Harianrakyataceh.com – Sedikitnya 42 orang wartawan dari berbagai media cetak, daring dan elektronik di Aceh, terdaftar sebagai peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 12-13, di Hotel Harmoni Kota Langsa sejak tanggal 29-30 Maret 2021.
Dari jumlah tersebut, hanya 36 orang yang hadir dan mengikuti rangkaian UKW untuk jenjang muda, madya dan utama. Adapun tim penguji meliputi; Tarmilin Usman, T Haris Fadilah, Iranda Novandi dan Aldin Nainggolan dari PWI Aceh.
Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman saat pembukaan UKW Angkatan 12-13 di Kota Langsa, Senin (9/3). (Rakyat Aceh/Ist)
Kemudian, Ramon Damora (Ketua PWI Kepuluan Riau), Hermansjah (Ketua PWI Sumut), Muhammad Syahril (PWI Sumut), Edward Thahir (Sekretaris PWI Sumut), Dedi Sahputra (Komisi Kompetensi PWI Pusat), selaku ketua tim penguji.
“Memang daftar peserta awalnya 42 orang. Tapi yang hadir dan ikut UKW 36 orang. Termasuk Ketua PWI Langsa batal jadi peserta karena sakit, akibat lelehan persiapan acara,” sebut Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, saat penutupan UKW, Selasa (30/3).
Dijelaskan, dari 36 peserta terdapat enam orang yang dinyatakan belum berkompetensi. Sedangkan, 30 orang dinyatakan berkompetensi, hasil serangkaian mata uji yang dilalui masing-masing peserta sesuai jenjang tingkatannya.
Sebelumnya, Kadis Kominfo dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf membuka secara resmi UKW PWI Aceh angkatan ke 12-13 di Aula Hotel Harmoni, Kota Langsa, Senin (29/3). “Kegiatan ini diharapkan melahirkan wartawan yang profesional,” katanya.
Pembukaan UKW juga dihadiri Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid beserta unsur muspida plus. Turut hadir, anggota DPR Aceh, H Jauhari Amin SH, MH. (put)