Tim Damkar Evakuasi Ular Piton Makan Lembu

HARIANRAKYATACEH.COM – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, mengevakuasi seekor ular piton raksasa di saluran irigasi suhom Gampong Krueng Kala, Kecamatan Lhong, Aceh Besar, Senin (29/3).

Ular piton raksasa (Uleu Lhan) dengan panjang 7 meter itu dilihat warga melintas di saluran irigasi. Ular bergerak lambat karena kenyang usai menelan anak lembu warga gampong setempat. Warga melapor penemuan tersedut ke petugas piket Damkar Aceh Besar Pos Lhoong.

Kepala BPBD Aceh Besar melalui personil Pusdalops Maswani mengatakan, usai menerima laporan warga tentang keberadaan ular piton, tim Damkar dari Pos Lhoong langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan.

“Tim dikomandoi Hendri Gunawan, salah seorang personil Damkar BPBD Aceh Besar yang memahami teknik dan cara menjinakkan ular dan binatang reptile lainnya. Dia dibantu 8 personil langsung menuju ke lokasi mengevakuasi ular tersebut,” kata Maswani.

Setibanya di lokasi, sambung Maswani, petugas langsung mengamati posisi letaknya ular di saluran irigasi. Setelah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, tim lagsung melakukan penangkapan terhadap hewan melata tersebut.

“Hendri bersama tim lainnya langsung melakukan penangkapan, dan ular tersebut berhasil ditangkap dan dievakuasi ke dalam mobil rescue BPBD dan rencananya ular tersebut akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya,” pungkas Maswani. (tar/min)