Dyah Erti Sebut Donor Darah Masa Pandemi Jadi Momentum Terbaik

Dyah Erti Idawati saat memberikan sambutan pada kegiatan donor darah bertemakan "Setetes darah menyambut bulan berkah Ramadhan 1442 Hijriah" di Aula lantai 2, Mess Aceh Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 1 April 2021. (Foto: Humas BPPA)

HARIANRAKYATACEH.COM – Isteri Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati mengatakan, donor darah pada masa pandemi Covid-19 menjadi momentum yang sangat baik karena bisa membantu mereka yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan ini menjadi suatu ibadah bagi kita semua, apalagi menjelang bulan suci Ramadhan,” kata Dyah saat menyaksikan donor darah yang diselenggarakan Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) untuk kedua kalinya di Aula lantai 2, Mess Aceh Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 1 April 2021.

Dyah mengaku, sangat bangga sekali bisa ikut hadir dalam aksi donor darah yang diselenggarakan BPPA bertemakan “Setetes darah menyambut bulan berkah Ramadhan 1442 Hijriah”.

“Kegiatan donor ini merupakan salah satu gerakan yang telah digalakkan oleh Pemerintah Aceh selama dua tahun ini, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19,” sebutnya.

Menurut Dyah, donor darah sangat perlu dilakukan mengingat masih banyaknya orang yang membutuhkan darah, sehingga bisa membantu keberlangsungan kehidupan manusia lainnya.

“Jadi yang pasti, kegiatan ini sangat bagus, mudah-mudahan bisa terus dilakukan kedepannya, terutama di Kantor BPPA,” kata Dyah.

Pemerintah Aceh tambahnya, hingga saat ini telah rutin melakukan donor darah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.
Apalagi, kata dia, selama pandemi Covid-19 PMI di Aceh kekurangan pasokan darah.

“Maka gerakan ini sangat baik, dan diapresiasi oleh Ketua Umum PMI pusat Jusuf Kalla terhadap Pemerintah Aceh karena melakukan donor secara rutin,” ujarnya.

Kegiatan donor darah yang kedua kalinya ini terkumpul sebanyak 34 kantong darah dari 62 orang ikut berpartisipasi. Karena 28 pendonor lainnya belum dapat diambil darahnya dengan berbagai alasan, salah satunya memiliki kadar HB rendah, faktor usia, hingga masalah berat badan (BB).

“Semoga dengan donor darah yang dilakukan para PNS dan non-PNS di BPPA bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Kepala BPPA Almuniza Kamal S.STP, M.Si didampingi Kasubbid Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat, Ir Cut Putri Alyanur.

Almuniza Kamal mengatakan, donor darah yang mulai dilakukan rutin ini oleh pihaknya merupakan amanah dari Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT.

“Amanah ini adalah program pengabdian kepada masyarakat dari Gubernur Aceh, serta program terdepan selama Aceh dipimpin Gubernur Nova,” katanya.

Ia menyebutkan,  program donor darah ASN Pemerintah Aceh yang digagas oleh Gubernur Aceh itu telah ditetapkan sebagai agenda rutin, yang mana ASN di setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di Aceh didorong untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. Setiap SKPA akan mendapatkan jadwal secara bergilir sesuai dengan ketentuan waktu donor darah.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit di sejumlah daerah di Aceh dalam memperoleh dan memenuhi kebutuhan darah.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada tenaga medis dari PMI DKI Jakarta. Karena sudah membantu terlaksananya acara donor darah ini dengan lancar.

Sebelumnya, BPPA juga melakukan kegiatan serupa dengan tema “Setetes darah untuk persaudaraan” pada Rabu, 20 Januari 2021 lalu. (ra)