146 Prajurit Kodim 0104/Atim Divaksin Tahap Kedua

Prajurit Kodim 0104/Aceh Timur saat menjalani penyuntikan vaksin Sinovac tahap kedua di Makodim setempat, Senin (5/4). (Rakyat Aceh/Putra Zulfirman).
HARIANRAKYATACEH.COM – Sebanyak 146 orang prajurit dan PNS di lingkup kerja Kodim 0104/Aceh Timur, menjalani program vaksinasi Sinovac tahap kedua yang berlangsung di Makodim setempat, Senin (5/4).
Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Czi Jasanul Arifin Siregar, M.Tr (Han) menyebut, program vaksinasi terhadap prajurit TNI, merupakan suatu keharusan karena tergolong profesi yang rentan bersentuhan dengan masyarakat sebagai pelayanan publik.
“Jumlah yang divaksin lebih sedikit dari total 649 orang prajurit dan PNS di Kodim ini. Program ini kerjasama Politeknik Kesehatan Kodam Iskandar Muda bersama Dinkes Kota Langsa,” sebut Letkol Hasanul Arifin Siregar, disela penyuntikan vaksin di Makodim, Jl Jenderal Ahmad Yani, Langsa.
Hasanul berharap, vaksinasi TNI/Polri bisa memberikan contoh kepada masyarakat, sehingga penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan daerah bisa terbebas dari ancaman pandemi ini.
Sementara, Kepala Politeknik Kesehatan Kodam Iskandar Muda 09.02 Langsa, Peltu M. Irwan Sihombing mengatakan, penyuntikan vaksin berlangsung sejak tanggal 5-8 April 2021. Dengan tujuan untuk memutus mata rantai Corona Virus Disaese 2019, di jajaran Kodim 0104/Aceh Timur.
Dijelaskan, pelaksananan vaksinasi ini telah diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi penumpukan prajurit yang antri untuk disuntik  vaksin Sinovac tersebut.
“Sebelum divaksinasi peserta terlebih dahulu melaksanakan pendaftaran, pemeriksaan data, lalu tahapan screning atau pemeriksaan singkat kesehatan hingga proses penyuntikan vaksinasi,” jelas Kapolkes IM 09.02 Langsa ini.
Kemudian, tambah dia, setelah selesai disuntik, prajurit diminta untuk menunggu selama 30 menit diruang observasi, lalu diberikan kartu vaksinasi Covid-19. (put)