Stok Beras Bulog Aman Jelang Ramadhan

Kepala Bulog Sub Divre Lhokseumawe, Mufti.

Quote : Kepala Bulog Sub Divre Lhokseumawe, Mufti
“Masyarakat kita tidak perlu khawatir terhadap stok beras di Bulog, untuk bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri nantinya dalam keadaan aman,”

HARIANRAKYATACEH.COM – Sebanyak 1.700 ton beras medium yang ada di gudang Bulog Sub Divre Lhokseumawe aman untuk enam bulan ke depan. Bahkan, stok beras yang dimiliki itu tidak menjadi kendala saat bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

“Masyarakat kita tidak perlu khawatir terhadap stok beras di Bulog, untuk bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri nantinya dalam keadaan aman,”ucap Kepala Bulog Sub Divre Lhokseumawe, Mufti, dikonfirmasi Rakyat Aceh kemarin.

Ia mengatakan, stok beras yang berada di gudang Bulog Punteuet ada sebagian dari beras impor dan gabah yang dibeli dari petani. Namun, jika ada gabah petani dalam wilayah kerjanya saat panen raya tetap ditampung sesuai dengan Permendag Nomor 24 tahun 2020. Untuk harganya yang dibeli sesuai standar pemerintah yakni Rp 8.300 per kilogram.

Disebutkan, menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri pihaknya juga ada menjual beras yang dinamakan dengan Operasi Pasar (OP) atau Ketersediaan Pangan Stabilisasi Harga (KPSH), seharga Rp8.600 perkilogram.

Sementara untuk pasar murah menjelang Ramadhan juga akan digelar sejak Senin-Kamis (5-8/4) di setiap kabupaten/kota di Aceh, hasil kerjasama Bulog dengan Disperindag Provinsi.

“Untuk setiap kabupaten/kota itu ditetapkan empat kecamatan sebagai lokasi pasar murah dengan harga subsidi pemerintah terhadap lima komoditas yang diperjualbelikan, “ungkapnya.

Dikatakan, subsidi pemerintah Rp 3000 perkilogram/liter untuk komoditas beras, tepung, minyak goreng serta gula dan khususnya untuk telur disubsidi Rp 250 perbutir. (arm)