Simeuleu Tanam 7000 Hektar Pinang Batara

HARIANRAKYATACEH.COM  – Pemkab Simeulue mulai tahun ini mencanangkan 7000 hektar tanaman pinang batara sebagai pembangkit ekonomi masyarakat setempat.
“Kita sudah memulai tahun ini dan akan dibagikan kepada masyarakat ‘ untuk ditanam didepan rumah atau lahan masyarakat,” ujar Bupati Simeulue Erly Hasyim kepada wartawan, Selasa (6/4).

Tanaman pinang batara ini merupakan tanaman jangka panjang yang punya beberapa manfaat, selain untuk pengobatan, pewarna dan sekaligus bisa menghasilkan pendapatan petani dan masyarakat.

Menurut Bupati, bibit pinang batara ini didatangkan dari Jambi. Penangkaran dan pelabelan resmi oleh Disbun Aceh sebelum dikirim ke Simeulue.

Program program jangka pendek dari Bupati Erly membudidayakan sektor perikanan dimana dengan dikelilingi laut Samudera Indonesia potensi penghasilan cukup besar sehingga menghasilkan pendapatan masyarakat.

Sedangkan jangka menengah meningkatkan pendapatan bidang pangan dari sebelumnya luas lahan 3500 hektar kini telah dua kali lipat dari sebelumnya dimana lahan-lahan baru mulai diproduktifkan kembali.

“Inilah tiga aspek program yang dilakukan Pemkab Simeulue dan jajarannya,” ujar Erly. (imj)