Lahan Penangkaran Benih Kentang Harus Ditambah

Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Dailami, menghadiri panen perdana kentang di Penangkaran Benih, kelompok Jago Tani, Kampung Speden, Kecamatan Permata Senin (5/4). IST/RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah, Dailami, meminta Kadis Pertanian untuk mencari solusi terkait penambahan lahan penangkaran benih kentang di Bener Meriah.

Hal tersebut disampaikannya, saat menghadiri penen perdana kentang di Penangkaran Benih, kelompok Jago Tani Kampung Speden, Kecamatan Permata, Senin (5/4).

Ia juga meminta agar penangkaran benih kentang yang ada di Kampun Sepeden dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, sehingga kedepan Kabupaten Bener Meriah sudah mampu menyediakan benih kentang untuk daerah Bener Meriah.

“Kami sadari dengan luas lahan saat ini yang hanya 4 hektar belum memadai untuk penangkaran benih kentang G-0 ini, sembari menunggu penambahan lahan, lahan yang ada ini bisa dimanfaatkan sebaiknya dalam penangkaran benih kentang,” tegas Dailami.

Ia juga berharap, dengan adanya penambahan lahan untuk penangkaran benih kentang dapat membantu masyarakat agar tidak tidak lagi harus memesan benih dari luar daerah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Rakyat Aceh kebanyakan petani kentang di Kabupaten Bener Meriah mendatangkan bibit dari luar daerah termasuk bandung. (uri/bai)