Harga Cabai Merah dan Daging Kembali Normal

HARIANRAKYATACEH.COM – Harga cabai merah di Kota Banda Aceh mengalami penurunan Rp 5 ribu dari harga biasanya yang mencapai Rp60 ribu/Kg. Penurunan harga juga terjadi pada harga daging. Pantauan di pasar Peunayong, Rabu (14/ 4), harga cabai merah Rp. 55.000 Per/kg. Meski masih tergolong mahal dari biasanya, Rp35 ribu/ kg, namun harga tersebut diprediksi akan kembali normal.

 

Adi, Salah seorang pedagang sayur di pasar penayongmengatakan, harga tersebut biasanya memang naik menjelang meugang, namun diperkirakan akan normal kembali. Selain harga cabai, harga lainnya juga masih normal seperti

cabe hijau Rp 35 ribu per kg dan harga tomat mengalami penurunan dari 12 ribu kg kini menjadi 10 ribu per kilogram. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Aceh, Marzuki mengatakan, harga cabai merah mengalami kenaikan meujelang meugang, meskipun kini ada penurunan mencapai Rp 55.000 ribu/kg. Meski begitu, sebutkan, untuk stok sangat cukup.

“Kita terus pantau bersama Satgas pangan. Kondisi hari ini turun dan diprediksi akan kembali normal. karena di hari meugang ada permintaan pasar yang tinggi, maka harga pun ikut naik, “jelasnya, Rabu (14/4).

 

Selain harga cabai merah, sebut marzuki, harga daging juga mengalami penurunan menjadi Rp 140.000 per/kg dari harga sebelumnya yang mencapai Rp160-170 per/kg.

“Puncaknya di meugang yang ada kenaikan harga, karena ada permintaan pasar yang juga tinggi. Namun semua stoknya cukup sampai tiga bulan kedepan,” ujarnya.

 

Sebelumnya diberitakan, harga daging sapi pada meugang bulan puasa naik mencapai Rp 170 sampai 180 per/kg. Kenaikan tersebut dikarenakan daging sapi yang masih kurang di Aceh, sehingga ia mendatangkan sapi daril luardaerah. (mar/min)