Ustaz Subhan M Isa Penceramah Safari Ramadan BMA di Masjid Al-Qurban Pidie

HARIANRAKYATACEH.COM – Dosen UIN Ar-Raniry, Ustaz Subhan M Isa dijadwalkan akan menjadi penceramah Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh melalui Sekretariat Baitul Mal Aceh (BMA) di Masjid Al-Qurban, Kemukiman Lhang, Pidie, Sabtu (17/4/2021) malam. Sedangkan untuk shalat tarawih akan diimami oleh amil BMA, Ustaz Yusrizal.

Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, Jumat (16/04/2021) mengatakan sesuai arahan Sekda Aceh, tema tim penceramah Safari Ramadan tahun 1442 Hijriah yang digelar Pemerintah Aceh dalam bulan Ramadan ini adalah ajakan tentang Gerakan Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH), pentingnya vaksinasi dan ajakan melawan berita hoaks.

Selain Masjid Al-Qurban, pelaksanaan tausiah Safari Ramadhan tersebut akan digelar secara serentak pada hari kelima puasa atau pada Sabtu malam (17/4/2021) di 54 mesjid yang tersebar di setiap kabupaten/kota di Aceh.

Ia menambahkan pelaksanaan safari tahun ini berbeda dengan tahun lalu, di mana tahun ini tim safari turun ke lokasi sebelum hari H untuk mengadakan gotong royong di masjid tersebut pada Jumat (9/4/2021).

Gotong royong tim dari provinsi ini dalam rangka persiapan menyambut bulan suci Ramadhan yang juga menjadi salah satu objek safari Ramadan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) tahun 2021.

“Kegiatan ini juga dibantu pengurus masjid, camat, perangkat gampong, puskesmas, dan sekolah setempat. Gotong royong dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB pagi hingga menjelang salat Jumat,” kata Rahmad Raden.

Rahmad Raden juga mengajak kaum muslimin untuk memperbanyak pahala di bulan suci ini dengan melakukan sejumlah ibadah. Bulan Ramadhan bukan tentang puasa saja, tapi di dalamnya umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah lainnya.

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, karena Allah membukakan pintu-pintu surga dan menutup pintu neraka. Oleh karena itu mari kita manfaatkan momentum ini sebaik mungkin untuk terus beribadah kepadaNya,” pungkas Rahmad Raden.(ra)