23 orang terpapar Covid-19, Pendopo Bupati dan kantor DPRK Gayo Lues Ditutup Sementara

Pedopo Bupati dan kantor DPRK Gayo Lues Ditutup Sementara
HARIANRAKYATACEH.COM –  23 orang masyarakat GayoLues terpapar virus Corona.  1(Satu) orang Ajudan Bupati Gayo Lues  dan 2 ( dua ) orang lainya pegawai Skretariat DPRK Gayo Lues. Dari 29 sempel yang di kirim dua tahap ke   Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Aceh yang dinyatakan terpapar virus Corona 23 orang. hasil Swab dikeluarkan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Aceh pada  tanggal 19 April 2021 . 
Saat ini Pendopo Bupati   dan Kantor DPRK Gayo Lues  ditutup sementara. Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru dan Keluarga serta para Ajudan  dilingkungan pendopo akan di Swab dan menjalani prosedur penanganan Covid-19. Sementara Anggota DPRK, pegawai Skretriat Dewan dirumahkan. Menjalankan aktifitas kantor dari rumah.   
Kabag Protokler dan Komunikasi Pimpinan Gayo Lues Sabri. S. Pd pada Selasa 20/04/21 mengatakan untuk sementara Pendopo ditutup, Bupati tidak bisa  melayani tamu dahulu sampai hasil swap kondisi kesehatan dilingkungan pendopo betul-betul steril dari Covid-19.
Atas nama Bupati Gayo Lues dirinya memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan Bupati Gayo Lues.Dirinya memohon doa kepada Seluruh lapisan Masyarakat agar Bupati dan keluarga bisa segera terbebas dari serangan Covid -19, hingga dapat beraktifitas kembali ke masyarakat.  
DPRK Gayo Lues melalui surat edaran yang ditanda tangani ketua DPRK H. Ali Husin. SH pada tanggal 19 April 2021  menon Aktifkan semua Pegawai Skretariat dan anggota Dewan.  Untuk sementara waktu mereka melakukan aktifitas kantor di rumah masing-masing.
 Kadis Kesehatan Gayo Lues Riadussalihin . SKM membenarkan dari Hasil Swab yang dikeluarkan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Aceh pada  tanggal 19 April 2021 ADC tersebut dinyatakan Postive tapi OTG (Orang Tampa Gejala). Sebelumnya Ajudan tersebut mengikuti swab nasofaring dan Swab orofaring sempel dari hasil Swab dikirim ke Banda Aceh hasilnya pada tanggal 19 April di kirim ke GayoLues Ajudan tersebut dinyatakan positive. Saat ini Ajudan tersebut dalam perawatan dan menjalani Isolasi mandiri dengan menerapkan Prokes. 
Dinas kesehatan akan mengirim TIM untuk melakukan Swab kepada Bupati  dan keluarga serta para Ajudan dan orang-orang dilingkungan Pendopo. Untuk memastikan penyebaran virus corona di lingkungan pendopo. Serta mengisolasi Pendopo untuk diseterilkan . Untuk mengantisifasi penyebaran Virus corona  Bupati sementara tidak diperbolehkan  kontak langsung dengan orang lain yang ada diluar Pendopo.
Kepala Bidang Pengendalian dan pencegahan Penyakit (P2P) pada  Dinas Kesehatan Gayo Lues  Dr. Yeni yang terelibat langsung  dalam penangan Covid 19 di Gayo Lues menyebutkan sempel yang di kirim ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Aceh ada 29 sempel, dari sebanyak itu 23 sempel dinyatakan positive dan 3 sempel lainya masih dalam proses pemeriksaan. Dari 23 orang termasuk Ajudan Bupati dan 2 orang  staf  di Skretariat DPRK.  
Semua orang yang dinyatakan positive langsung dilakukan penangan sesuai dengan prokes covid-19. Ada yang beberapa orang harus  dikirim ke RSU. Zainal Abidin dan selebihnya dirawat di RSUD Ali Kasim dan karantina Mandiri. Masyarakat diminta tetap  mematuhi prokes dengan memakai masker , mencuci tangan dan jaga jarak, mengingat virus corona belum berakhir  di Gayo Lues ( Yud) 
Ket.