Gempa Bumi Nias Dirasakan Hingga ke Pulau Simeulue 

Edi Rahman, Kalak BPBD Simeulue.

HARIANRAKYATACEH.COM – Warga pulau Simeulue, merasakan guncangan gempa bumi berkekuatan 6,4 SR dengan kedalaman 10 kilometer, sekitar 142 kilometer Barat Daya, pulau Nias, Sumatera Utara, ‎Selasa (20/4).

‎Guncangan gempa bumi Nias terjadi sekitar pukul. 06:58 WIB, dinyatakantidak berpotensi tsunami tersebut, dirasakan warga pulau Simeulue namun tidak menimbulkan kepanikan dan tidak terjadi kerusakan, namun diminta masyarakat di 10 Kecamatan, tetap waspadai potensi gempa bumi susulan.

“Tadi pagi ‎saya ada rasakan gempa bumi, dan tidak membuat panik kami sekeluarga, tapi was-was juga kami semua, sebab mana tau nanti ada gempa bumi susulan”, kata Al Ashab (31), warga Kecamatan Teupah Teungah, kepada harianrakyataceh.com, Selasa (20/4).

‎Terkait gempa bumi Nias, 8,4 SR tersebut dan getarannya hingga dirasakan warga pulau Simeulue itu, juga dibenarkan Edi Rahman Kepala Pelaksana BPBD Simeulue yang ditemui harianrakyataceh.com, Selasa (20/4).

“Benar, gempa bumi Nias dirasakan hingga ke pulau Simeulue. Hasil evaluasi dan pengumpulan data di 10 Kecamatan, bahwa gempa bumi itu tidak menimbulkan kerusakan dan kepanikan, namun kita himbau masyarakat tetap waspadai gempai bumi susulan”, katanya.

‎Hal senada juga dijelaskan Ikhsan Mikaris, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bagain Humas Pemerintah Kabupaten Simeulue, yang dihubungi terpisah harianrakyataceh.com, Selasa (20/4). 

“Informasi yang kita data dan kita kumpul, gempa bumi tadi pagi ada dirasakan warga Simeulue, dan kita minta warga tetap waspadai kemungkinan gempa bumi susulan. Hingga saat kondisi normal, baik itu roda pemerintahan maupun aktivitas warga kita”, katanya.

Sementara itu pasca gempa bumi Nias, pihak Badan SAR Nasional (Basarnas) Nias Pos Simeulue, ‎diperintahkan untuk siaga bila terjadi gempa bumi susulan. Hal itu dijelaskan Asa Waruwu Humas Basarnas Nias Pos SAR Simeulue, kepada harianrakyataceh.com, Selasa (20/4).‎

“Pasca gempa bumi tadi pagi di Nias hingga dirasakan ke pulau Simeulue, maka kami diperintahkan oleh pimpinan (Kakansar Nias) untuk siaga, serta kita juga himbau warga tetap tenang”, kata Asa Waruwu. (ahi).