Kepala BNPB Tiba di Simeulue, Besok Tinjau Bukit Bandara Lasikin dan Lokasi Legenda Smong

Kepala BNPB Letjen TNI  (H.C) Doni Monardo tiba di bandara udara Lasikin disambut Bupati Erli Hasyim, Selasa (20/4). Ahmadi - harianrakyataceh.com

HARIANRAKYATACEH.COM –  ‎Pukul 17:30 WIB, Kepala BNPB RI, Letjen TNI  (H.C) Doni Monardo dan rombongan mendarat di bandara udara Lasikin, menggunakan pesawat jenis ATR 700 milik maskapai Lion Air.

Kedatangan orang nomor satu BNPB itu disambut Bupati Erli Hasyim dan Muspida setempat, kemudian melakukan perbincangan sesaat di ruang VIP kantor bandara udara Lasikin, Kabupaten Simeulue. 

Setelah temu ramah sesaat, Kepala BNPB yang juga sebagai Ketua Satgas Covid – 19 Republik Indonesia dan rombongan meninggalkan bandara udara Lasikin, menuju salah satu penginapan yang ada di pinggir laut Teluk Sinabang, Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur.‎

Data yang dihimpun harianrakyataceh.com dari Kabag Protokoler Pemerintahan Kabupaten Simeulue, Selasa (20/4). Direncanakan besok Rabu (21/4),  ‎Letjen TNI  (H.C) Doni Monardo dan rombongan ‎akan meninjau langsung lokasi bukit yang bakal dipangkas diujung runway bandara udara Lasikin dan pantai abrasi yang juga berada diujung runway dari arah laut.

Selain meninjau kedua lokasi yang berpotensi membahayakan penerbangan itu, juga ‎Kepala BNPB akan meninjau lokasi tempat cerita legenda Smong, salah satu kearifan lokal migitasi bencana alam yang dipelihara turun temurun warga pulau Simeulue.

“Besok, agenda pak Kepala BNPB yang juga sekaligus Ketua Satgas Covid19 Republik Indonesia, akan meninjau bukit diujung bandara dan abrasi pantai diujung bandara. Kemudian dilanjutkan peninjauan lokasi tempat cerita legenda smong”, kata Ali Muhayatsyah, Kabag Protokol Pemerintah Kabupaten Simeulue, kepada harianrakyataceh.com, Selasa (20/4).

Masih menurut Ali Muhayatsyah, setelah meninjau lokasi tersebut, Kepala BNPB dan rombongan kembali terbang dari bandara udara Lasikin, sekitar pukul 11:00 WIB, Rabu (21/4)‎ akan melanjutkan penerbangan menuju pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara. (ahi).