Santri MUDI Mesra luncurkan buku “Menjerat Akal”

HARIANRAKYATACEH.COM – Jazuli Abubakar salah satu santri dayah MUDI MESRA menerbitkan buku nonfiksi perdananya yang berjudul “Menjerat Akal”  berisi tentang berbagai problematika dari kasus keimanan hingga konflik perang.
Ramadhan tahun ini bagi Jazuli terasa sangat berbeda, momentum Ramadhan 1442 Hijriah dimanfaatkan olehnya untuk mengeluarkan buku pertamanya. Topik yang diangkat dalam buku ini sedikit banyaknya membahas tentang beberapa kasus yang masih simpang siur dalam Islam seperti pro kontra poligami dan monogami, kesetaraan gender, dan lain sebagainya.
Dalam kata sambutannya, Abu Syekh H. Hasanoel Bashry HG atau yang dikenal dengan panggilan Abu MUDI mengungkapkan bahwa kehadiran buku ini sekaligus menjadi bukti bahwa hukum Islam mampu menjawab dan menyelaraskan perubahan besar yang dialami sekarang ini, sebagai wujud nyata kepedulian santri dan dayah menyikapi fenomena tersebut, sekaligus sebagai wadah untuk menyebarkan pemikiran benar yang berasas pada asas yang telah diwariskan ulama.
Sementara, alumni Hertfordshire University at Malaysia dan Inti International University, Abdul Mukti, S.E,MBA,M.Art menilai bahwa buku ini hadir disaat yang tepat ditengah gencarnya kaum liberal dan sekuler menebarkan racun racun dalam kubu umat islam, dimana pengaburan kebenaran sangat kuat dialirkan kaum orientaris dan misionaris. 
Jazuli mencoba memagari akal agar tidak terlalu liar dalam mengambil sikap dan menjernihkan pemikiran agar kembali berfikir dengan sempurna.
Dalam buku ini juga tergambar secara utuh bagaimana Islam mendudukkan akal sebagai pendukung syariat Islam, bukan malah menjadikan akal sebagai penentu sebuah kebenaran.
Mengawali penerbitan buku pertamanya, penulis yang juga alumni Institut Agama Islam Al Aziziyah ini menyampaikan bahwa tentunya buku ini sangat jauh dari kata sempurna, karenanya kritikan dan saran membangun sangat diharapkan guna melangkah ke arah yang lebih baik.