Penyuluh PAI KUA Kecamatan Susoh Adakan Sehari khatam Alquran.

Tindaklanjuti SE Dirjen Bimas Islam Nomor 1222/DJ.III/HK.00.7/04/2021

HARIANRAKYATACEH.COM – Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Susoh Melakukan kegiatan Sehari Khatam Alquran bersama seluruh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Susoh dan Majelis Taklim binaan KUA Kecamatan Susoh.

Kegiatan Sehari Khatam Al-quran ini kerjasama KUA Kecamatan Susoh dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Blangpidie. Kegiatan Ini diikuti oleh 104 peserta dari 16 majelis taklim dalam Kecamatan Susoh. Kegiatan ini diketuai oleh Koordinator Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Susoh, Ust. Nazli Hasan,S. Ag. M. Ag.

Dalam laporannya ketua panitia, ust. Nazli menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk menindaklanjuti SE Dirjen Bimas Islam Nomor 1222/DJ.III/HK.00.7/04/2021 tentang Optimalisasi Peran Penyuluh Agama Islam pada Bulan Ramadhan 1442H. Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa Penyuluh Agama Islam untuk melaksanakan Gerakan Khatam Alquran baik secara Luring ataupun daring. Disamping itu juga, ust Nazli menyampaikan bahwa kegiatan ini juga mempererat lagi hubungan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Susoh dengan Ibu-ibu Majelis taklim binaan KUA Kecamatan Susoh.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ka. Kankemenag Kabupaten Aceh Barat Daya, Drs. H. Salihin Mizal, MA yang didampingi oleh Kasi Bimas Islam, M. Yatim, MA. Dalam sambutannya, Ka. Kankemenag menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi kepada penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Susoh atas kegiatan ini, dan berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan bisa dicanangkan menjadi hari jumat, hari mencintai Alquran KUA Kecamatan Susoh, karena kegiatan ini bertepatan dengan hari jumat. Dalam kesempatan ini juga, salihin menyampaikan bahwa disaat kita akan membaca Al-Quran, hendaknya niatnya harus bersih, bukan tujuan untuk riya dan sebagainya. Dan semoga bacaan Al-Quran ini bisa sampai kepada Orang Tua kita semuanya.
Dalam amatan kami, peserta sehari khatam Alquran ini bukan hanya Ibu-ibu yang menjadi peserta, melainkan ada anak-anak, dan peserta sangat antusian dalam mengkhatamkan Alquran.

Kepala KUA Kecamatan Susoh, Ust. H. Roni Haldi, Lc. Menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yg kedua yg dilakukan oleh penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Susoh dalam bulan Ramadhan ini, yg mana sebelum nya dan masih berjalan adalah Kegiatan Tahsin Alquran Ibu-ibu Majelis taklim yg bekerjasama dengan Pengadaian Syariah Blangpidie. Dan Insya Allah setelah Ramadhan akan dilanjutkan dengan kegiatan Tajhiz Mayit dan Tahsin Alquran bagi seluruh Kelompok Majelis taklim binaan KUA Kecamatan Susoh. Majelis taklim yang ada di kecamatan Susoh berjumlah 34 Majelis taklim.

Ust Roni berharap dengan kegiatan Sehari Khatam Al-quran ini dan kegiatan yg akan terus dilakukan oleh penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Susoh Masyarakat bisa merasakan kehadiran penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Susoh dan bisa menjadi Suluh bagi Masyarakat Kecamatan Susoh.

Semoga kegiatan sehari khatam Al-quran ini menjadi amal shalih pemberat timbangan di hari kiamat kelak. (ra)