Viral di Medsos, Cafe New Soho Disegel

Petugas gabungan dari Satpol PP, WH Kepolisian dan TNI menyegel Cafe New Soho yang berada di kawasan Peunayong, Banda Aceh, Kamis (22/4/). (amar/rakyat aceh)

HARIANRAKYATACEH.COM – Petugas gabungan terdiri dari pihak Satpol PP, WH Kepolisian dan TNI menyegel Cafe New Soho yang berada di kawasan Peunayong, Banda Aceh, Kamis (22/4/).

Selain menyegel para personil Satpol PP Kota Banda Aceh juga mengangkut sejumlah meja dan kursi yang berada di depan Café. Tindakan tersebut dilakukan karena café dituding telah menggangu ketertiban umum.

Penyegelan dilakukan setelah viralnya video aksi keramaian muda-mudi sedang asyik berjoget dan live music pada Rabu malam (21/4) di berbagai media social seperti Instagram, WhatsApp dan Facebook. Padahal saat itu masyarakat serang melaksanakan ibadah pada malam Ramadan.

Kasatpol PP dan WH Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko ditemui di lokasi mengatakan, cafe tersebut sebelumnya sudah diingatkan agar pemilik cafe menerapkan protokol kesehatan.
Selain itu, kata Heru, cafe tersebut juga telah melakukan pelanggaran lainnya seperti melanggar ketertiban umum yaitu meletakan barang di sarana publik yang seharusnya menjadi tempat parkir. Kemudian juga cafe tersebut tidak memiliki izin.

“Setelah kita cek mereka tidak memiliki izin usaha, jadi kita meminta mereka mengurus izin usahanya, “kata Heru.

Akibat adanya aksi joget-joget di cafe tersebut, mereka para pemilik cafe, sebut Heru, telah mengabaikan Qanun no 11 tahun 2022 terkait akidah syariat Islam,
“Kita melihat ketidakpedulian dari mereka. Seharusnya di bulan suci ramadan ini kita tingkatkan ibadah kita. Kami juga melakukan penyitaan berupa bangku dan meja dan dikembalikan setelah izinya ada,” sebut Heru.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, sangat menyayangkan dan ikut prihatin terhadap kejadian tersebut yang terjadi di bulan suci ramadhan.

“Kita sangat prihatin terjadi di bulan suci Ramadhan dan kita pun sedang melaksanakan Protkes. Ternyata di tempat ini ada kegiatan yang mengakibatkan kerumunan massal,” sebut Kapolres.

Akibat kejadian tersebut, Kombes Pol Joko Krisdiyanto menegaskan akan melakukan penindakan terhadap apa yang menjadi pelanggaran dilakukan di cafe tersebut.
“Kami akan memanggil para saksi dan pemilik dan penyelenggara akan kita periksa. Sebagai penyelidikan kami, juga untuk pengembangan selanjutnya,” tegas Kapolresta. (mar/min)