Darul Arqam Muhammadiyah Labuhanhaji Mewisuda 93 Peserta Mukayyam

HARIANRAKYATACEH.COM – Pesantren Darul Arqam Kampung Baru, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kampung Baru, Kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan, Sabtu (24/4/2021) mewisuda sebanyak 93 santri Mukhayyam Angkatan I yang dilaksanakan di Pesantren Darul Arqam Kampung Baru.

Sebelumnya Mukayaam ini berlangsung sepuluh hari di bulan Ramadhan 1442 H sejak tanggal 14- 24 April 2021/ 2 – 12 Ramadhan 1442H.

Pelaksanaan wisuda santri ditandai dengan pengalungan medali kepada seluruh santri mukhayyam. Dalam kegiatan wisuda mukhayyam ini di hadiri oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Aisyiyah, dan Ortom-ortom Se Labuhanhaji Raya.

Para keuchik se Kampung Baru juga ikut hadir menyaksikan kegiatan Wisuda Mukhayyam.

Selain itu wali santri juga ikut menyaksikan wisuda santri mukhayyam. Setelah proses pengalungan medali selanjutnya para santri yang diwisuda menjumpai orang tua untuk memasangkan mahkota kepada orang tuanya.

Dalam kegiatan wisuda ini juga diberikan tropi kepada santri berprestasi selama kegiatan mukhayyam dilaksanakan dengan kategori santri hafalan terbaik dan santri hafalan terbanyak.

Panitia pelaksana Sudarmadi mengatakan, kegiatan Mukhayyam yang dilaksanakan selama sepuluh hari sejak tanggal 2-12 Ramadhan 1442H terlaksana dengan baik dan lancar.

“Terlaksananya kegiatan mukhayyam ini juga tidak terlepas bantuan dari para donatur, ucapan terima kasih panitia tak terhingga disampaikan kepada para donatur yang telah menginfaqkan hartanya untuk kegiatan Mukhayyam Angkatan I ini,” ujarnya.

Sudarmadi mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para donatur yang telah berpartisipasi mendukung kegiatan Mukhayyam ini, semoga menjadi amal jariyah dalam mendukung lahirnya para hafidz di Kampung Baru ini khususnya.

Selanjutnya salah seorang wali santri, Zikri menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada panitia dan juga para ustadz ustadzah yang telah membimbing anak-anak dalam memperdalam dan memperbanyak hafalan selama mukhayyam berlangsung.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada panitia dan juga ustadz ustadzah mukhayyam atas usaha yang dilakukan dalan membimbing anak-anak kami,” ucap Zikri.

Sambungnya, apresiasi yang sangat tinggi terhadap kegiatan mukhayyam ini karena selama kegiatan mukhayyam anak-anak hanya bermain dengan Alquran dengan ikhlas meninggalkan gadget yang biasanya menjadi mainan di rumah.

Dalam sambutannya Zikri juga berharap kepada pimpinan pesantren Darul Arqam setelah kegiatan mukhayyam berakhir dapat dilakasanakan tindaklanjut terhadap hafalan santri secara periodik dan setelah mukhayyam ini semoga terlihat perubahan pada perilaku santri ketika kembali ke rumah berkumpul dengan keluarga.

Di akhir kegiatan wisuda mukhayyam ditampilkan pembacaan beberapa puisi karya Ustazah Faizza Warahmah, tasmi’ 30 Juz lulusan Rumah Quran Bustanul Arifin Bandung Barat.

Selanjutnya menyanyikan beberapa lagu religi bertema hafidz quran oleh para santri mukhayyam. Terakhir kegiatan wisuda ditutup dengan pembacaan puisi “Setitik Syukur” karya Ustazah Musfira yang dibacakan oleh Ustazah Faizza. (ra/rus)