Safari Ramadan dan Momentum Kekompakan Muslim

HARIANRAKYATACEH.COM РPemerintahan Aceh Barat mulai melaksanakan safari Ramadan 1442 Hijriah pada 12 kecamatan di daerahnya. Selain turut berbuka puasa bersama masyarakat pedesaan, juga memberikan tausiah yang menjadikan semangat kepada warga saat menunaikan ibadah puasa secara khusyuk kepada Allah SWT.

Dari 12 kelompok safari Ramadan Pemerintahan Aceh Barat, Assisten III Edi Juanda M.Si, mengunjungi kecamatan Johan Pahlawan, dengan turut menyertakan Kadis Perumahan dan Permukiman Bukhari, Kadis Perhubungan Tarfin S.Sos, Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Erni Wanti SH, serta tim informasi Dinas Infokom setempat.

Dari sejumlah gampong di Kecamatan Johan Pahlawan, Edi Juanda tertarik untuk mengawali program safari Ramadan di Masjid Nurul Iman, Gampong Suak Raya, Kabupaten Aceh Barat, dengan disambut oleh penduduk setempat. Sabtu (24/4)

Edi mengatakan kegiatan safari Ramadan merupakan agenda resmi yang dicetuskan pimpinan daerah dalam rangka memberikan motivasi kepada masyarakat pedesaan agar lebih serius menunaikan ibadah puasa. 

“Dalam visi dan misi kepala daerah, jelas menyebutkan pelaksanaan program syariat Islam secara Kaffa. Makanya sudah tugas kami (pemerintah) untuk menjalankan program safari Ramadan ini,” jelasnya.

Meskipun masih dalam potensi ancaman pandemi covid-19, pemerintah setempat tetap mempersilahkan penduduknya menunaikan ibadah puasa secara khusyuk, dengan rutin melakukan shalat tarawih berjamaah di masjid.

“Meskipun kondisi pandemi covid-19, kami tidak melarang shalat berjamaah di masjid. Tapi tetap waspada dan mengedepankan protokol kesehatan, seperti 3M itu,” pendapat Edi.

Saran lainnya, sambung Edi, selama bulan suci Ramadan, setiap majelis taklim di gampong-gampong harus lebih aktif, terutama meningkatkan tadarus Al-Qur’an di setiap masjid masing-masing.

“Sambil beribadah bersama-sama seperti ini, mari kita sama-sama lebih erat mengikat tali silaturahmi dan kekompakan sebagai muslim,” pintanya.(den)