PKBM RUMAN Aceh Salurkan Donasi Ramadhan 1442/2021

HARIANRAKYATACEH.COM – Walau tidak menggelar program Ramadhan secara khusus seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda. Namun, pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh membantu menyalurkan donasi beberapa dermawan pada medio pertama bulan suci Ramadhan 1442/2021.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PKBM RUMAN Aceh, Rizky Sopya, S.Pd., di sekretariatnya yang berada di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh pada Senin (26/4/2021) siang.

“Sabtu (24/4/2021) kemarin, kita baru menyalurkan 13 paket donasi dari seorang donatur tetap Sekolah TK RUMAN Aceh yang berdomisili di Kota Turkenfeld, Jerman. Sebelumnya, kita juga salurkan derma dari pasangan suami istri TNI & PNS barupa 10 paket sembako”, ujar Rizky.

Donasi tersebut, imbuh Rizky, berupa bahan makanan yang diantarkan langsung oleh tim RUMAN Aceh ke rumah keluaga fakir miskin yang tersebar di Kecamatan Jaya Baru, Meuraxa Kota Banda Aceh dan Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.

Paket tersebut berisikan 5 Kg beras, 2 liter minyak goreng kemasan, 1 Kg gula pasir, 1 papan telur ayam, 1 kotak teh celup, garam 250 gram. Sedangkan pasutri TNI dan PNS, mereka yang mengisi paketnya berupa beras, sirup, gula, ikan kaleng, mie instan, roti dan kecap.

“Pasutri TNI dan PNS tersebut juga meminjamkan mobil untuk kita mengantarkan derma mereka dan derma donatur dari Jerman ke rumah para penerimanya. Terpancar kebahagiaan di wajah para penerima. Terima kasih banyak dan semoga selalu barakah”, imbuhnya tersenyum.

Donasi Guru Besar USM

Sementara itu, Pendiri sekaligus Pembina RUMAN Aceh, Ahmad Arif menuturkan bahwa pihaknya menerima menerima donasi dari Azman Azwan Azmawati, seorang Profesor Madya di Pusat Pengajian Komunikasi Universiti Sains Malaysia (USM).

“Selepas maghrib Ahad (25/4/2121) kemarin, kami menerima konfirmasi via WA dari Prof. Azman. Beserta dua koleganya, beliau berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan nan mulia ini. Donasi mereka dikhususkan untuk keluarga besar RUMAN Aceh”, ungkap Arif.

Prof. Azman melalui pesan WA mengatakan, “Salam Encik Arif. Selamat hujung pekan. Berikut sumbangan dari saya dan dua sahabat rapat saya untuk keluarga Ruman Aceh berRamadhoon bersama. Mohon diterima dengan ikhlas atas donasi yang sedikit ini. Semoga majlis (berbuka puasa) lancar dan diberkati Allah swt”.

Direncanakan, ujar Arif berikutnya, donasi tersebut akan digunakan dalam kegiatan buka puasa bersama para relawan TBM (taman bacaan masyarakat) dan bunda guru Sekolah TK RUMAN Aceh pada 1 Mei nanti di basecamp RUMAN Aceh.