Sekda Simeulue: Pegawai Jangan Kendor Kerja di Bulan Ramadan

Kantor Bupati Simeulue, Senin (26/4). Ahmadi - Harian Rakyat Aceh.

HARIANRAKYATACEH.COM – Memasuki hari ke 15 pelaksanaan ibadah puasa bulan Ramadhan, aktivitas dan pelayanan publik di perkantoran Pemerintahan Kabupaten Simeulue berjalan normal.

Normalnya aktivitas dan pelayanan publik, terutama bidang kesehatan dan bidang lainya yang berhubungan langsung untuk kepentingan masyarakat harus tetap full volume pelayanannya.

Hal itu dijelaskan Ahmadlyah SH, Sekretaris Daerah (Sekda) Simeulue, Senin (26/5).
“Kita sedang berada di pertengahan puasa bula Ramadhan, volume kerja dan pelayan tetap normal. Pegawai sebagai abdi Negara bertugas jangan kendor untuk melaksanakan tugasnya,” katanya.

Disisi lain sebut Sekda Simeulue, juga selain tidak lalai dalam melaksanakan tugasnya, juga selama pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan, pegawai harus menjadi contoh kepada masyarakat, tidak melakukan hal yang aneh -aneh sehingga tidak menurunkan wibawa Pemerintah.

Seluruh pegawai harus mengikuti surat edaran Gubernur Aceh, nomor: 061.2/6976 tanggal 5 April 2021 yang berlaku di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Aceh, Tentang penetapan jam kerja pada bulan Ramadhan tahun 1442 H – 2051 M.

Jam masuk kerja Senin-Kamis mulai jam 08:30 WIB? -15:00 WIB. Dan pakaian dinas PNS pada hari Senin – Selasa yakni PDH dengan warna Khaki. Hari Rabu pakaian dinas PDH Kemeja putih dan celana atau rok warna hitam gelap. Untuk pakaian dinas hari kamis, pakaian dinas PDH baju batik motif Aceh.

Selanjutnya, hari Jumat, pakaian muslim – muslimah. Sementara untuk pakaian dinas pegawai non PNS, hari Senin – Kamis, menggunakan pakaian PDH baju warna cream dan celana – rok warna coklat tua dan pada hari Jumat, berpakaian muslim dan muslimah.

Selain harus mengikuti aturan yang berlaku dan tidak kendor volume kerja dalam melaksanakan tugasnya di kantor untuk melayani publik, juga pegawai harus patuhi aturan protokol kesehatan Covid19, disebabkan pegawai memiliki tanggungjawab dan perpanjangan tangan Pemerintah Republik Indonesia.

“Ada ribuan Pegawai kita, merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Republik Indonesia, maka memiliki tanggungjawab penuh untuk patuhi aturan protokol kesehatan Covid19, ?baik itu dilingkungan kerjanya maupun di lingkungan tempat tinggalnya serta berada di area publik, berikan contoh patuh aturan,” tegas Ahmadlyah.

Diketahui total jumlah ASN yang bertugas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Simeulue, sebanyak 3.257 orang. Selanjutnya pegawai honor kontrak daerah sebanyak 2.425 orang, dan jumlah aset kenderaan berbagai jenis sekitar 1.700 unit. (ahi/rus).