Disdukcapil Abdya Layani Pasien Lumpuh Rekam KTP

Pihak Disdukcapil Abdya rekam KTP di rumah pasien lumpuh, Rabu (28/4). Rakyat Aceh/Rahmat.

HARIANRAKYATACEH.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten setempat memberikan pelayanan langsung perekaman KTP elektronik pada orang yang sakit lumpuh di Gampong Pawoh Kecamatan Susoh, Rabu (28/4).

Kepala Disdukcapil melalui Kabid pelayanan pendaftaran penduduk Samsuar Rustam, yang didampingi Kasi Identitas Penduduk Reni Marlina, mengatakan perekaman e-KTP ini untuk membahagiakan masyarakat Abdya, sebab saat ini yang bersangkutan adalah pasien yang sedang berobat jalan ke RSUZA dan belum memiliki e-KTP.

Selain itu, pelayanan jemput bola juga dilakukan Disdukcapil untuk perekaman KTP bagi warga dalam wilayah kabupaten setempat yang kondisinya sakit atau uzur.

“Pentingnya KTP ini sebagai syarat utama untuk pengurusan perawatan kesehatan bagi orang sakit. Baik pengurusan BPJS kesehatan bagi pasien rumah sakit dan orang sakit,” katanya.

Bukan itu saja yang telah diterobos oleh Disdukcapil tersebut bahkan pihaknya telah menyerahkan sejumlah e-KTP kepada warga dan untuk siswa SMA 7 Abdya.
“Untuk siswa SMA ini masih yang pertama kami lakukan di tahun 2021 dan kami akan melanjutkan ke SMA lain di Abdya,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mendukung hal tersebut, pihaknya selalu menerapkan sistem jemput bola. Baik untuk melakukan perekaman maupun mengantar E-KTP yang sudah dicetak ke seluruh Kecamatan di daerah tersebut.

“Intinya, Disdukcapil selaku abdi negara harus melayani masyarakat hingga ke seluruh pelosok daerah, dan, target perekaman KTP harus tercapai,” jelas Samsuar.

Ia juga berharap kepada masyarakat supaya dalam membuat KTP atau pengurusan administrasi kependudukan lainnya supaya tidak memakai jasa calo.

“Langsung saja ke kantor, jangan melalui calo, bagi masyarakat yang ingin mengurusnya,” harapnya. (mat/rus).