Sosialisasi dan Konsolidasi DMA di Kota Panton Labu

HARIANRAKYATACEH.COM –  Sosialisasi dan Konsolidasi Insan Dayah Multimedia Aceh (DMA) Wilayah Aceh Utara, bersama rekan dan sahabat yang bernaung di Forum Silaturahmi Putra-Putri Tanah Jambo Ayee (FORSIPUJA) yang diketuai M.Nur Majid, pada acara buka bersama serta pembagian takjil kepada para musafir, yang dipusatkan di Masjid Raya Pase Pantonlabu- Aceh Utara, Sabtu (1/4).

Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Pusat DMA beserta wakilnya, yaitu Tgk.Masykur dari Dayah Babussalam Al Aziziyah, Jeunieb dan Tgk.T.Aiyub serta Tgk.Nisam yang keduanya dari Dayah Rauhul Mudi Al Aziziyah, Jeunieb serta inisiator penghubung Tgk.Saryulis Gazi dari Dayah Raudhatul Ma’arif Cot Trueng, dan Tgk.Fajar dari Dayah Malikussaleh Kota Panton Labu, serta turut hadir Tgk. Rizaul Annas dari LPDK Raudhatul Ma’arif, beliau juga sebagai Korwil DMA Aceh Utara, unsur DMA Dayah Darul Huda Lueng Angen, Aceh Timur dan Tim LPDK Dayah serta tim DMA dari beberapa dayah Kab/Kota lainnya.

 Acara di mulai dengan bincang-bincang antara Koordinator DMA Pusat Tgk.Masykur dan wakilnya Tgk Aiyub dengan Bapak M.Nur Majid selaku ketua Forsipuja yang didampingi oleh ketua panitia pelaksana acara Bapak Adlin Umar dan Bapak Navi selaku Bendahara, bertempat di tenda pembagian takjil gratis di halaman Mesjid Raya Pase Pantonlabu.

Dalam perbincangan tersebut Bapak M.Nur Majid mengemukakan asal muasal sebuah gagasan untuk membuat acara tersebut, dengan bentuk acaranya Buka puasa bersama dan pembagian takjil gratis kepada para musafir yang acara tersebut baru pertama kali diadakan di bulan Ramadhan tahun ini. Sedangkan forum ini kurang lebih sudah terbentuk selama dua tahun.

Pada saat itu beliau bersama kawan-kawan seperjuangan di masa lalu ingin agar forum ini setelah terbentuk, kiranya dapat melaksanakan kegiatan yang sifatnya gerakan sosial yang membangun dan tanpa pamrih, salah satunya untuk tahun ini mengadakan acara pembagian takjil gratis di kawasan Kota Panton Labu.

Walaupun banyak kendala yang beliau serta anggota lainnya hadapi di awalnya, namun berkat partisipasi dan komunikasi yang semakin terjalin antar sesama dan tokoh masyarakat Tanah Jambo Aye, acara buka puasa bersama dan berbagi takjil gratis, Alhamdulillah dapat  berjalan dengan sukses. Para donatur pun hari per hari semakin bertambah, baik yang menyumbang dalam bentuk uang maupun dalam bentuk makanan atau minuman.

   Pada awalnya, kata pak Maknu, begitu nama sapaan akrabnya, “Makanan yang kami sajikan yaitu dalam bentuk kanji, minuman serta kurma, yang dibagikan untuk para musafir yg bepergian dan singgah berbuka puasa di mesjid Raya Pase, terkhusus juga bagi masyarakat Kota Pantonlabu yang datang untuk berbuka menikmati hidangannya, dipersilahkan!” tambah beliau.

Bahkan beliau bercerita, bahwa pernah ketika seorang musafir di ajak untuk berbuka puasa di tenda pembagian takjil, musafir tersebut sempat bertanya asal muasal anggaran yang dikeluarkan setiap harinya yang meliputi 100 porsi kanji dan makanan yang lainnya, yang menghabiskan anggaran sekitar 600 ribu rupiah per harinya.

Dirinyapun menjawab bahwa awalnya dana yang terkumpul adalah dari uang pribadi beserta infaq dari setiap anggota “mantan preman terminal” yang telah sukses berkarir diluar Aceh bahkan di penjuru negeri, dan secara spontan musafir tersebut langsung menawarkan diri untuk memberikan donasi langsung di tempat tersebut. Alhamdulillah, hingga hari ini acara masih berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala sedikitpun, karena ketika kita punya keinginan untuk berbuat baik, Insyaallah, Allah Swt punya cara tersendiri untuk menolong hambanya yang ingin berbuat baik.

Di akhir perbincangan pak Maknu sangat berharap, untuk kedepan kiranya acara seperti ini dapat terlaksana dengan lebih semarak dan lebih banyak lagi partisipasi dari para donasi, demi keberlangsungan serta dapat terus melestarikan acara tradisi atau budaya seperti ini.

Tim Dayah Multimedia Aceh yang di koordinir langsung oleh Tgk.Masykur, ikut meliput acara tersebut bersama unsur panitia, yang juga dibantu oleh relawan yang terdiri dari Kepala sekolah dan dewan guru beserta siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye.

Tim DMA juga turut mewawancarai Koordinator Relawan dari SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, yang pada acara tersebut ikut serta turun kejalan membagikan takjil buka puasa. (RAO)