SMK di Banda Aceh Bagi-bagi Takjil

HARIANRAKYATACEH.COM – Bulan Ramadhan bagi umat muslim adalah bulan yang istimewa. Bulan ini diyakini sebagai bulan yang penuh berkah, penuh ampunan ( maghfirah ), dan bulan pembebasan dari api neraka (itqu minannar ).

Sehingga tidak heran, jika di setiap bulan Ramadhan umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan dengan berbagai cara sesuai kemampuan yang mereka miliki.

Seperti yang dilakukan oleh dewan guru dan siswa SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 1 Banda Aceh.

Berbekal uang sumbangan yang dikumpulkan dari siswa dan dewan guru, pada Selasa 4 Mei 2021 sore, kedua SMK yang berdekatan itu melakukan bagi-bagi takjil kepada setiap masyarakat yang melintasi Jalan Sultan Malikul Saleh, Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh.

Setidaknya ada 500 paket takjil dari SMK Negeri 3 dan 200 paket takjil dari SMK Negeri 1 yang dibagikan kepada masyarakat pengguna jalan.

Ketua Dharma Wanita (DW) Dinas Pendidikan Aceh, Malawani SE, ikut hadir bersama anggota DW untuk bagi-bagi takjil bersama para siswa, kepala sekolah dan dewan guru pada kedua SMK tersebut.

Malawani mengaku senang bisa ikut bersama para siswa dan para guru untuk membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas.

Menurut Malawani, bagi-bagi takjil ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh para guru bersama siswa pada kedua SMK tersebut pada setiap bulan Ramadhan tiba, walaupun di saat pandemi Covid-19.

Karena saat melakukan bagi-bagi takjil, para guru dan siswa selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan selalu mencuci tangan.

“Kita tentunya senang karena dapat ikut bagi-bagi takjil hari ini. Takjil ini semua merupakan sumbangan dari para siswa, para guru, dan pegawai yang ada di SMK ini,” ujar Malawani.

Ke depan, Malawani berharap, jika diberi umur panjang oleh Allah SWT, kegiatan yang cukup bermanfaat seperti bagi-bagi takjil untuk berbuka puasa, yang selama ini dilakukan hanya sekali selama bulan Ramadhan dapat dilakukan sesering mungkin.

“Kita bisa mengupayakan untuk membagi takjil kepada orang yang berpuasa sesering mungkin yang kita mampu. Karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat,” tutup Malawani. (RAO)