Masyarakat Mulai Membayar Zakat Fitrah

Pembayaran zakat fitrah mulai dilakukan masyarakat Gampong Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, di malam 27 Ramadhan 1442 H. Besaran zakat fitrah 2,8 kilogram beras setiap jiwa, Sabtu malam (8/5). IDRIS BENDUNG-RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Masyarakat Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, mendatangi meunasah setempat di malam 27 Ramadhan 1442 H untuk membayar zakat fitrah, Sabtu malam (8/5) seusai solat tarawih.

Beras sebagai bentuk pembayaran zakat fitrah di Meunasah Lancang Garam. Dengan rincian, setiap jiwa sebanyak 2,8 kilogram.

Seperti diketahui, zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik laki-laki maupun perempuan muslim.

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri
Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra,

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu,membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.(ung)