RUMAN Aceh Salurkan Donasi Beberapa Dermawan

HARIANRAKYATACEH.COM – Hingga jelang akhir Ramadhan 1442 H, pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh masih menyalurkan donasi beberapa dermawan dari dalam dan luar Aceh kepada keluarga fakir miskin dan anak yatim yang dhuafa.

Ketua PKBM RUMAN Aceh, Rizky Sopya, S.Pd., mengungkapkan, donasi tersebut dihantarkan langsung ke rumah para penerimanya yang berada di 3 Kecamatan di seputaran Kota Banda Aceh dan 2 kecamatan di perbatasan Kabupaten Aceh Besar oleh timnya.

“Kita menyalurkan 4 donasi. Dari alumni ke 15 SMA MOSA. Zakat maal dari pilot senior yang berdomisili di Banten. Zakat maal dari pejabat pusat asal Aceh. Dari guru besar madya Universiti Sains Malaysia”, ujar Rizky di basecamp RUMAN Aceh pada Jumat (5/7/2021) siang.

Donasi alumni ke 15 SMA MOSA dialokasikan buat 15 anak yatim yang dhuafa. Zakat maal pilot senior sebesar Rp 5 juta disalurkan kepada 25 keluarga fakir. Dan, zakat maal pejabat pusat asal Aceh sebesar Rp 2 juta dibagikan buat 10 keluarga fakir.

Para penerima donasi itu, imbuh Rizky selanjutnya, adalah keluarga fakir miskin yang menjadi dampingan pihaknya sejak berberapa tahun terakhir. Pihaknya memprioritaskan keluarga yang lebih membutuhkan, yang kondisi mereka lebih memprihatinkan.

“Tidak semua anak yatim itu kondisinya memprihatinkan. Bahkan terkadang yang lebih memprihatinkan adalah anak piatu. Karenanya, kita selalu berusaha maksimal agar donasi para dermawan itu tepat sasaran”, ungkap peraih predikat pendamping PKH teladan & inspiratif se Aceh tahun 2019 ini tersenyum.

Donasi Guru Besar USM

Sementara itu, Pendiri sekaligus Pembina RUMAN Aceh, Ahmad Arif menuturkan, pihaknya menerima donasi dari Prof. Azman Azwan Azmawati, guru besar madya di Pusat Pengajian Komunikasi Universiti Sains Malaysia (USM) beserta 2 koleganya.

“Salam, Encik Arif. Selamat hujung pekan. Berikut sumbangan dari saya dan dua sahabat rapat saya untuk keluarga Ruman Aceh berRamadhoon bersama. Mohon diterima dengan ikhlas atas donasi yang sedikit ini”, kata Prof. Azman via WhatsApp.

Donasi tersebut digunakan untuk kegiatan buka puasa bersama para relawan TBM (taman bacaan masyarakat) dan bunda guru Sekolah TK RUMAN Aceh yang digelar di aula serbaguna meraka di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.