Tiga Kecamatan di Subulussalam Terendam Banjir

Tiga kecamatan di Kota Subulussalam terendam banjir karena hujan deras mengguyur daerah tersebut juga mengakibatkan sejumlah ruas jalan provinsi sempat lumpuh, Selasa (18/5). (kaya alim/rakyat aceh)

HARIANRAKYATACEH.COM – Hujan deras sejak pagi kemarin mengguyur daerah Kota Subulussalam mengakibatkan tiga Kecamatan terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Subulussalam, Aditya Karya mengatakan, ketiga Kecamatan tersebut diantaranya, Kecamatan Sultan Daulat terdiri Desa Sigrun, Suka Maju, Singgersing dan Jabi-jabi.

Sedangkan wilayah Kecamatan Rundeng terdapat empat Desa menjadi amukan banjir yaitu, Desa Muara Batu-batu, Panglima Sahman, Pasar Rundeng dan Oboh. Selanjutnya wilayah Kecamatan Simpang Kiri juga menjadi jalaran banjir yaitu Desa Danau Teras.

“Di tiga Kecamatan untuk sementara ada sembilan Desa yang turun terkena banjir. Dan saat ini tim kita masih melakukan pemantauan di lokasi banjir bersama pihak-pihak terkait ” kata Aditya Karya menjawab konfirmasi Rakyat Aceh, Selasa (18/5).

Menurut Aditya Karya, banjir melanda dua Kecamatan yaitu Kecamatan Sultan Daulat dan Rundeng merupakan banjir kiriman dari hulu sungai Lae Souraya yang mengakibatkan debit air naik dan mengenai sebagian rumah warga yang bermukim di pinggir sungai Souraya. Sedangkan di Desa Danau Teras di akibatkan tingginya curah hujan sehingga mengakibatkan debit air tinggi.

Bahkan, pada malam hari sempat sejumlah kendaraan melintas dari arah Aceh Selatan ke Subulussalam dan sebaliknya sempat terputus karena ketinggian air yang menggenang di jalan lintas mencapai sepinggang orang dewasa bahkan dibeberapa titik mencapai 1 meter dari permukaan tanah.

Disampaikannya, hingga pagi kendaraan roda dua dan empat dari arah Aceh Selatan ke Subulussalam dan sebaliknya tidak bisa melintas karena ketinggian banjir. Sehingga terpaksa menunggu sejenak menunggu banjir surut.

Namun, pada menjelang siang kendaraan sudah bisa melintas dengan dibantu personel Polri, TNI, Brimob, Tagana dan tim dari BPBD serta pihak Muspika. Sampai saat ini khusus jalan lintas tepatnya di Desa Danau Teras sudah bisa dilalui.

Daerah Singkil Juga Terendam Banjir
Sementara, di daerah Kabupaten Aceh Singkil juga terendam banjir. Jalan lintas Nasional Singkil – Subulussalam tepatnya di Desa Bulusema, Kecamatan Suro Baru, Kabupaten Aceh Singkil, sempat terputus akibat ketinggian air mencapai satu meter. Beberapa kendaraan dari arah Subulussaalam ke Singkil dan sebaliknya terpaksa putar haluan karena selain ketinggian air juga arus terlihat deras.

Selain di Desa Bulusema, di Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil juga terputus arus lalu lintas dan baru bisa di lalui setelah banjir surut. Beberapa warga terlihat sibuk menyelamatkan barang berharga mereka karena melihat cuaca masih terlihat mendung. (lim/min)