9532 Jiwa Terdampak Banjir Aceh Selatan

Luapan banjir di beberapa Kecamatan Di Aceh Selatan sudah mulai surut. Namun dampak dari bencana banjir ini melanda 2564 KK dan

HARIANRAKYATACEH.COM – Luapan banjir di beberapa Kecamatan Di Aceh Selatan sudah mulai surut. Namun dampak dari bencana banjir ini melanda 2564 KK dan 9532 jiwa.

Menurut laporan dari Pusdalops PBPD Aceh selatan, Banjir yang melanda beberapa Daerah di Kabupaten Aceh Selatan menyisakan banyak masalah yang mempengaruhi Perekonomian Masyarakat, diantaranya seperti yang terjadi pada beberapa desa di Kecamatan Pasie Raja.

Selain material tanah yang memenuhi irigasi pengairan sawah di desa Sineubok dan Ladang tuha matrial tanah yang terbawa arus sungai juga memenuhi akses jalan desa Panton bili menuju Desa Silolo dan Payateuk.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cut Syazalisma,S.STP, Rabu, (19/5), Menjelaskan, saat ini pihak nya terus melakukan perbaikan dibeberapa sarana penting Pemerintah maupun sarana sarana penopang perekonomian masyarakat yang terdampak akibat banjir yang terjadi beberapa hari lalu.

Saat ini pihaknya sudah menurunkan Alat berat jenis Excavator untuk menormalisasi irigasi persawahan masyarakat, dan juga membersihkan jalan jalan desa yang tertimbun material tanah yang dibawa banjir kemarin.

Kalak menginstruksikan jajaran nya agar segera melakukan Asesmen ke desa desa yang terdampak banjir kemarin?  ” hal ini dilakukan untuk mempercepat langkah pelayanan pemerintah terhadap masyarakat,” Terangnya.

Kalak berharap, Upaya Yang dilakukan bisa berjalan cepat mengingat saat ini kita masih dalam status berpotensi hujan dengan intensitas tinggi, sehingga sewaktu waktu terjadi hujan kembali proses aliran air tidak terhambat oleh matrial tanah yang bisa berakibat meluas nya dampak banjir kepemukiman masyarakat.

Adapun update data terdampak banjir yakni di Kecamatan Kluet Tengah 8 Desa dengan jumlah 1092 KK

3707 Jiwa, Kecamatan Pasie Raja 4 Desa dengan jumlah terdampak 63 KK 309 Jiwa, Kecamatan Kota Bahagia 9 Desa dengan jumlah terdampak 1043 KK

4005 Jiwa, Kecamatan Kluet Utara 1 Desa dengan jumlah terdampak 32 KK

132 Jiwa, Kecamatan Kluet Selatan 2 Desa dengan jumlah terdampak 117 KK

505 Jiwa, Kecamatan Bakongan 2 Desa dengan jumlah terdampak 217 KK

874 Jiwa. Jumlah keseluruhan warga yang terdampak banjir di Aceh Selatan 2564 KK

9532 Jiwa. (Yat)