Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 20 May 2021 14:31 WIB ·

Lakalantas Meningkat Saat Arus Balik di Wilayah Timur Aceh


 Sebuah mobil terlibat lakalantas. Foto Ditlantas Polda Aceh Perbesar

Sebuah mobil terlibat lakalantas. Foto Ditlantas Polda Aceh

HARIANRAKYATACEH.COM – Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol. Dicky Sondani, mengingatkan kembali masyarakat agar lebih berhati hati mengendarai kendaraan bermotor di saat arus balik pasca lebaran, dimana kendaraan angkutan umum dan kendaraan pribadi sangat padat memasuki wilayah Aceh.

“Jangan memaksa kendaraan dengan kecepatan tinggi karena ingin cepat tiba di tempat tujuan, sehingga melanggar marka jalan dan rambu – rambu peringatan serta tidak menghormati pengguna jalan yang lain,” ujar Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol. Dicky Sondani, Kamis (20/5).  

Waspada juga di wilayah jalan nasional yang tidak memiliki Penerangan Jalan Umum (PJU), penglihatan pengendara akan terganggu yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas.

Dirinya mengingatkan, pengemudi kendaraan bermotor harus paham bagaimana anatomi jalan yang akan dilewati , mengingat Aceh masih banyak jalan tikungan, tanjakan, turunan, rawan banjir dan tanah longsor.

Selama ini, kata Dicky Sondani, banyak terjadi laka lantas di tikungan, karena pengendara kendaraan memaksa utk mendahului kendaraan di depannya. Nyalip di tikungan sangat berbahaya karena pandangan pengemudi terbatas untuk mengetahui kendaraan di depannya.

“Faktor ngantuk saat mengendarai kendaraan salah satu penyebab terjadi laka lantas, hampir semua korban meninggal dunia akibat sopir ngantuk,” terangnya.

Lebih lanjut, Dirlantas kembali mengingatkan masyarakat agar memanfaatkan rest area untuk istirahat, apalagi perjalanan pada malam hari sangat rawan pengemudi mengalami ngantuk. (ra)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bea Cukai Gagalkan Pengiriman 9.600 Batang Rokok Ilegal

18 April 2024 - 19:25 WIB

Wakil Ketua Gapensi Aceh Apresiasi Pj Gubernur Lobi Pusat Wujudkan Pembangunan di Aceh

18 April 2024 - 17:07 WIB

Pj Bupati Iswanto Hadiri Launching KBN Polresta Banda Aceh di Gampong Pasie Lubuk

18 April 2024 - 16:08 WIB

Khatib Jum’at di Masjid Agung Kota Sabang, Tgk Alwy Al Khalidi Sampaikan Strategi Raih Kebahagiaan Dunia Akhirat

18 April 2024 - 10:59 WIB

Persiapan PORA 2026, DPRK Aceh Jaya Koordinasi dengan Kadispora Aceh

17 April 2024 - 20:53 WIB

Bakal Diresmikan Presiden, Pj Gubernur Bustami Harap Kanwil DJPb Dukung Pelaksanaan  PON dan Percepatan Proyek Nasional

17 April 2024 - 15:47 WIB

Trending di METROPOLIS