Distanpan Semprot Kandang Ayam, Muspika Ikut Kawal

Muspika Kuala Bate ikut mengontrol penyemprotan kandang ayam yang banyak hama lalat, Kamis (20/5). IST/RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Abdya bersama pemilik kandang ayam melakukan penyemprotan ribuan lalat pada kandang ayam yang telah meresahkan warga beberapa desa dalam Kecamatan Kuala Bate, kabupaten setempat, Kamis (20/5).

Penyemprotan itu mendapat pengawalan dari pihak Muspika setempat, seperti Danramil Kuala Bate, Kapten Inf Izhar yang mendapatkan perintah dari Dandim untuk mengawasi penyemprotan ribuan lalat yang telah meresahkan warga Abdya.

Danramil Kuala Bate, Kapten Inf Izhar disesa-sela penyemprotan menyebutkan, penyemprotan tersebut tidak hanya dilakukan pada kandang ayam semata. Namun juga penyemprotan disekitar pemukiman warga dan berdampat dari lalat tersebut.

“Setelah selesai penyemprotan di kandang ayam itu, kita mengarahkan untuk dilakukan penyemprotan disekitar pemukiman warga yang berdampak dari lalat ini,” katanya.

Selain itu tambahnya, juga dilakukan pengerokan kotoran dibawah kandang ayam tersebut dengan tujuan agar permasalahan ribuan hama lalat yang sudah meresahkan warga beberapa hari terakhir ini benar-benar selesai.

“Kotoran ayam dibawah kandang itu juga kita lakukan pengerokan dan kita buang ketempat yang aman,” sambungnya.

Danramil menegaskan kepada semua pihak untuk peran aktif untuk menjaga kebersihan, terutama bagi pemilik kandang ternak ayam.

“Jangan apatis tidak mau tau. Jangan cuma meraup laba saja targetnya, tapi yang tatkala penting kemaslahatan orang banyak khususnya disekitar ini harus kita perhatikan juga dan ini manjadi pelajaran bagi kita semuanya jadikan ini pengalaman pertama dan terakhir,” ujar Danramil.

Sebelumnya, Dandim 0110 Abdya sudah melakukan rapat terbatas dengan intasi terkait yang dipimpin langsung Dandim Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, Rabu (19/5/).

Rapat tersebut terkait ribuan lalat yang menyerang pemukiman di beberapa desa di kecamatan Kuala Bate yang diduga dari kandang peternakan ayam yang berada di Desa Lohk Gajah kecamatan setempat. (mat/bai).