Elemen Sipil Langsa Minta Jokowi Desak PBB Lindungi Rakyat Palestina

Perwakilan massa menyerahkan seruan dan tuntutan kepada Wakil Walikota Langsa. Rakyat Aceh/Bahtiar Husin.

HARIANRAKYATACEH.COM – Sejumlah elemen sipil Langsa yang terdiri dari Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP), minta kepada Presiden Joko Widodo untuk mendesak lembaga dunia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melindungi rakyat Palestina dan menjaga keselamatan ibadah mereka dari kejahatan Israel.

Permintaan ini disampaikan oleh gabungan ormas dan OKP kepada Pemerintah Kota Langsa untuk diteruskan ke Presiden dalam aksi damai kemanusiaan membela Palestina yang digelar di depan gedung Pemerintahan Kota Langsa, Jumat (21/5).

Dalam aksi damai tersebut, massa yang terdiri dari Majelis Azzabidie, HMI Cabang Langsa, SEMMI Cabang Langsa, SEMA Syariah, DEMA Syariah, DEMA FUAD, BEM FEBI, SEMA FEBI, LEPPAMI Langsa dan DPD BKPRMI Langsa, menyampaikan seruan dan tuntutan kepada pemerintah yang diterima langsung oleh Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM.
Adapun seruan dan tuntutan elemen sipil Langsa yaitu, mengutuk tindakan kekerasan Israel terhadap Rakyat Palestina.

“Kami meminta Pemerintah Kota Langsa menyurati Presiden Jokowidodo untuk mendesak PBB menyerukan Israel agar menghormati Hukum Internasional serta menempatkan pasukan perdamaian untuk melindungi Rakyat Palestina dan rumah ibadah,” salah seorang aksi.

Selain itu, dalam aksi meminta pemerintah Indonesia untuk mendesak 5 negara pemegang hak veto di PBB agar bersepakat menghentikan agresi Israel di jalur Gaza serta mengembalikan hak-hak negara Palestina dan rakyatnya. Serta mendesak Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif mewujudkan perdamaian dunia dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM, dihadapan massa menyampaikan apresiasi atas solidaritasnya membela Palestina.

“Bagaimanapun kita tidak bisa melihat penjajahan dan penindasan sebagaimana yang dilakukan Israel saat ini kepada bangsa Palestina,” ungkapnya.

Terkait permintaan menyurati Presiden RI, Marzuki mengatakan pihaknya akan menindaklanjutinya, bahwa Pemko Langsa mendukung sepenuhnya langkah-langkah diambil Pemerintah Pusat mengutuk tindakan Israel dan mengakui Palestina sebagai negara. (dai/rus).