Ruben Dias Jadi Bek Pertama yang Raih Trofi Pemain Terbaik versi Wartawan

Harianrakyataceh.com – Penghargaan pemain terbaik Premier League di setiap musim terbagi dalam tiga versi berdasar pemilihnya. Versi pemain (PFA), fans, dan jurnalis (FWA). Untuk FWA musim ini, predikat itu menjadi milik bek tengah Manchester City Ruben Dias.

Bukan penghargaan sembarangan karena sejak era Premier League (sejak 1992–1993) Ruben adalah bek pertama yang meraihnya.

Pemain 24 tahun asal Portugal itu memenanginya juga pada musim pertama menjajal Premier League dan hanya segelintir yang bisa melakukannya. Antara lain Mohamed Salah (Liverpool FC, 2017–2018) dan Juergen Klinsmann (Tottenham Hotspur, 1994–1995).

Ketimbang PFA dan fans, acuan pemenang versi FWA biasanya lebih jelimet dan statistik. Untuk aspek pertahanan, misalnya. Ruben yang mengoleksi 22 blok dan 88 sapuan adalah yang terbaik.

”Saya selalu mengingat banyaknya blok dan sapuan yang dilakukannya untuk membantu kami lolos ke final Liga Champions (lawan Paris Saint-Germain, Red),” kata manajer City Pep Guardiola di laman resmi klub.

Pep memang terpuaskan dengan komposisi bek tengahnya musim ini. Selain Ruben, ada John Stones, Aymeric Laporte, maupun Nathan Ake dan Eric Garcia. Semuanya punya nilai plus tersendiri. (JPG/rif)