Raih Juara Apresiasi Pesona Indonesia, Kota Langsa Dorong Sektor Pariwisata

Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM memperlihatkan piala Juara I Kategori Atraksi Budaya API 2020. (Rakyat Aceh/Ist)

HARIANRAKYATACEH.COM – Pemerintah Kota Langsa terus fokus meningkatkan pembangunan di sektor kepariwisataan. Hal ini, sejurus dengan torehan prestasi yang diraih pada ajang Apresiasi Pesona Indonesia (API) 2019 dan 2020.

Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM mengatakan, sinkronisasi program yang berkelanjutan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), merupakan kunci sukses membangun sektor ekowisata.

“Bukti kolaborasi OPD ini terlihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan ke objek wisata yang ada di kota ini. Tujuannya adalah meningkatkan pendapatan asli daerah,” kata Marzuki Hamid, Minggu (23/5).

Disebutkan, setelah destinasi wisata Mangrove Forest Park atau kawasan ekowisata hutan mangrove meraih juara 1 Ekowisata terfavorit pada API 2019. Kini, prestasi serupa diraih Kota Langsa lewat Tari Rampoe Aceh, sebagai juara I kategori atraksi budaya API 2020.

“Atas perolehan tersebut, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam rangka mewujudkan destinasi andalan dan kreasi budaya,” ujar Wakil Walikota.

Marzuki meminta dinas terkait dan OPD yang terintegritas agar terus mengupayakan peningkatan fasilitas maupun pelayanan di ekowisata yang ada.

Karena, tambah Marzuki, objek wisata merupakan salah satu sumber pendapatan devisa dan memberikan peluang usaha bagi banyak kalangan, termasuk pelaku usaha kecil menengah, dalam rangka penguatan perekonomian masyarakat.

Seperti diketahui, Kota Langsa telah meraih dua kali juara I tingkat nasional pada ajang Apresiasi Pesona Indonesia. Di tahun 2020, Mangrove Forest Park, meraih Juara 1 Kategori Destinasi Ekowisata Terfavorit API 2019.

Kemudian, Tari Rampoe Aceh asal Kota Langsa meraih Juara I Kategori Atraksi Budaya API 2020, yang diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Inna Bay Comodo, Labuhan Bajo, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/5). (put)