Kasus Covid19 Meningkat‎, Zona Merah Bakal Disandang Pulau Simeulue

Bupati Simeulue, Erli Hasyim.

Harianrakyataceh.com – Status zona merah bakal disandang Kabupaten Simeulue, setelah satgas Covid19 setempat merilis update terkini kasus Covid19, pertanggal 26 Mei 2021 terjadi kenaikan jumlah pasien postif Covid19

Sebelumnya status zona orange dengan jumlah pasen positif Covid19 sebanyak 5 orang dan bertambah 10 orang lagi pasien positif Covid19, sehingga ‎dengan kenaikan kasus Covid19 itu, status zona merah bakal disandang pulau Simeulue.

Hal itu dijelaskan drg Farhan, Jubir Satgas Covid19 Kabupaten Simeulue, yang dihubungi harianrakyataceh.com, Rabu (26/5). “Sebelumnya 5 kasus positif Covid19, setelah keluarnya hasil Swab dari Balitbangkes Aceh, bertambah 10 orang yang postif Covid19. Saat ini ada 15 kasus postif Covid19 di pulau Simeulue serta juga kita menunggu keputusan status zona dari Pemerintah Aceh,” katanya.

Dia merincikan ‎berdasarkan data update yang dirilis Satgas Covid19 setempat, berdasarkan hasil swab Balitbangkes Aceh, tanggal 26 Mei 2021, bahwa ‎dari 12 sampel swab milik pasien yang dikirim ke Balitbangkes Aceh pada tanggal 22 Mei 2021 lalu, sampel swab10 orang pasien dinyatakan positif Covid19 dan sampel hasil swab untuk 2 orang pasien lainnya, negatif Covid19.‎

‎Adapun ke 10 orang pasien yang dinyatakan postif Covid19 itu, 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan, yakni inisial RH‎ (21). ER (44). MI (64). J (72). TF (49). YH (43). T (58). S (68). TFE (22) dan AN (28).

Kini ke 10 pasien Covid19 itu dirawat dilokasi berbeda, secara isolasi mandiri, dan ada dirawat di RSUD Simeulue, serta masih tercatat sebagai warga Kecamatan Simeulue sebanyak 6 orang, dan sisanya tercatat sebagai warga Kecamatan Simeulue Tengah, Salang dan Simeulue Barat.‎

Masih menurut rilis update terkini Satgas Covid19 Kabupaten Simeulue itu, sejak tahun 2020-2021, total jumlah kasus  Positif RT- PCR sebanyak128 orang. ‎Total jumlah Kasus Meninggal Positif RT-PCR sebanyak 7 org. ‎Jumlah Positif sembuh sebanyak 106 orang. Jumlah PDP sebanyak14 orang. ‎Jumlah Pasien dirawat sebanyak 1dan‎ Total Sample RT-PCR sebanyak 241 orang.‎

Dengan data update terkini tersebut, Bupati Erli Hasyim juga selaku Ketum Satgas Covid -19 Kabupaten Simeulue, menerbitkan intruksi bersifat resmi dan segera ‎setelah resmi dinyatakan sebanyak 15 orang warga Simeulue positif Covid19  dan ini intruksi tersebut.

Intruksi point pertama, yakni menyampaikan kepada seluruh kepala SKPK agar proses kegiatan pemerintahan dapat kembali dibatasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan berpedoman pada sistem yang pernah diberlakukan pada awal-awal penanganan Covid19.

Intruksi poin kedua, yakni  Menyampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan agar proses belajar mengajar untuk sementara waktu diliburkan dan jika memungkinkan dapat dilakukan belajar secara Daring.

Intruksi poin ketiga yakni, Menyampaikan kepada seluruh camat untuk disampaikan kepada seluruh kepala desa, agar seluruh kegiatan kemasyarakatan yang bersifat kerumunan (pernikahan, kenduri, takziah, menutup tempat hiburan wisata) agar dihentikan total, kemudian semua masyarakat harus menggelorakan kembali 3 M. (masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Instruksi poin ke empat. Yakni, Menyampaikan kepada satpol PP dan  WH agar memperketat kembali pemberlakuan raziah masker, jam malam sampai jam 23.00 WIB malam dan bagi pelaku usaha yang tidak mengindahkannya segera dievaluasi izin usahanya.

Intruksi poin kelima, yakni Menyampaikan kepada camat agar serius dalam penangan PPKM sesuai dengan  instruksi awal yang  telah kita sampaikan dan intrukis poin ke enam yakni, Menyampaikan kepada Kandinkes, RSUD dan BPBD agar segera mebgkoordinir pelayanan sejak dari desa serta melakukan pemantauan terhadap keluarga pasien positif untuk dapat diisolasi secara menyeluruh dan meminta kepada camat dan kepala desa agar dapat  melihat, memperketat penjagaan. (ahi/rif)