KUA Susoh Salat Khusuf di Masjid Baitul Qudus

HARIANRAKYATACEH.COM | KUA Kecamatan Susoh melaksanakan Salat Gerhana Bulan atau shalat sunat Khusuf. Kegiatan ini dipusatkan di Masjid Baitul Qudus Desa Pinang, Kecamatan Susoh, Rabu (26/05/2021).

Salat gerhana bulan dilaksanakan setelah salat Maghrib. Menurut perhitungan tim falakiah Kanwil Kemenag Aceh, bahwasanya untuk wilayah Aceh, gerhana bulan total akan bisa diamati setelah terbenamnya matahari atau setelah magrib pada hari Rabu Tgl 26 Mei 2021.

Kegiatan Shalat sunat gerhana bulan akan dipimpin langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Susoh Yaitu ust H. Roni Haldi, Lc. Sebagai khatib dan Ust Muhammad Hidayat.

Kepala KUA Kecamatan Susoh, Ust H. Roni Haldi. Lc. Mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan adalah menindaklanjuti Surat Edaran Kakankemenag Aceh Barat Daya nomor B-1392/Kk.01.15/BA.03/5/2021 tentang edaran Gerhana bulan total dan seruan Shalat sunat Khusuf. Disamping itu, Ust Roni menyampaikan bahwa shalat sunat sangat jarang kita lakukan dan bentuk shalat sunat tersebut berbeda cara pelaksanaan. Makanya KUA Kecamatan Susoh berinisiatif melakukan shalat sunat gerhana bulan total ini dan dilaksanakan di Masjid Baitul qudus dana tetap Mematuhi Protokol Kesehatan dalam melakukan shalat sunat gerhana bulan total tersebut.

Kegiatan ini di koordinir oleh Koordinator Penyuluh PAI KUA Kecamatan Susoh, Ust Nazli Hasan, S. Ag. M. Ag. Dalam kesempatan ini, ust Nazli menyampaikan bahwa kegiatan ini kita lakukan supaya masyarakat tau bahwa ada fenomen alam yang terjadi saat itu yaitu gerhana bulan total dan disunnahkan untuk melakukan shalat sunat gerhana bulan total atau shalat Sunat Khusuf.

Disamping itu juga kegiatan ini menindaklanjuti Surat Edaran Kakankemenag Aceh Barat Daya tersebut dan kegiatan kita lakukan mengikuti Protokol Kesehatan karena kita masih dalam masa pandemi COVID-19. (RAO)