Cegah Covid-19, DPA Instruksikan SMA/SMK Wajib BDR

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa, Supriariadi.

Harianrakyataceh.com – Guna mencegah penyebaran Covid-19 yang sedang mengalami peningkatan akhir-akhir ini. Kepala Dinas Pendidikan Aceh (DPA) Drs. Alhudri, MM, melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah Kota Langsa, Supriariadi, S.Pd, mengintruksikan seluruh SMA/SMK dan PKLK se-Kota Langsa wajib menjalankan proses Belajar Dari Rumah (BDR), Kamis (27/5).

“Kebijakan ini diambil oleh Kepala DPA sesuai dengan Intruksi Gubernur Aceh No. 07/INSTR/2021 Tanggal 24 Mei 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKMBM). Hal ini dikarenakan saat ini penyebaran Covid-19 sedang mengalami peningkatan signifikan di Aceh, termasuk Kota Langsa,” sebut Supriariadi.

Dijelaskannya, berdasarkan data satgas jumlah penderita Covid-19 Aceh per 20 Mei 2021 mencapai 13.013 kasus terkonfirmasi positif dan 518 orang meninggal dunia. Demikian juga halnya di Kota Langsa, sesuai Update Laporan Harian Covid-19, Kamis, 27 Mei 2021 terkonfirmasi positif 40 orang, meninggal 27 orang.

Lanjutnya, menyikapi situasi tersebut, Dinas Pendidikan Aceh mengambil langkah sigap instruksi selanjutnya setelah BDR yaitu mempercepat proses pelaksanaan ujian semester. Dimana untuk SMA/SMK dan PKLK jadwal ujian dilaksanakan pada 28 Mei – 12 Juni 2021.

“Khusus Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) disesuaikan dengan jadwal yang ada, serta meniadakan seluruh kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan akademik lainnya setelah ujian. Selanjutnya, untuk pembagian rapor dilakukan pada 19 Juni 2021 dengan memperhatikan kondisi zona Covid-19,” ungkap Supriariadi lagi.

Tambahnya, selain intruksi mewajibkan BDR, kepada Satgas Covid-19 di masing-masing satuan pendidikan juga diwajibkan memantau atau mengupdate informasi perkembangan status zona dalam area sekolah dan sekitarnya. Serta melakukan koordinasi kepada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa.

Selanjutnya, pengawas pembina bersama dengan kepala satuan pendidikan melaksanakan evaluasi secara berkala dan menyampaikan laporan secara lisan maupun tertulis kepada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa, terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di satuan Pendidikan Masing-masing.

“Sesuai arahan Kadisdik Aceh, cabang dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa juga meminta kepada kepala sekolah untuk dapat memastikan lingkungan sekolah tetap bersih, rapi, estetika dan hijau. Serta menyiapkan langkah – langkah strategis dan efektif dalam proses pembelajaran Daring atau BDR,” demikian Supriariadi. (dai/rif)