Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 27 May 2021 18:12 WIB ·

Gampong Mata Ie Perdana Selesaikan Pemutakhiran SDGs


 Gampong Mata Ie Perdana Selesaikan Pemutakhiran SDGs Perbesar

HARIANRAKYATACEH.COM – Gampong Mata Ie Perdana Di Aceh Selatan dan Peringkat Ketiga Seprovinsi Aceh yang  melaksanakan Musyawarah Gampong Penetapan Hasil Pemutakhiran Data Gampong Berbasis SDGs. 

Keuchik Mata Ie Jubaili, Kamis, (27/5), mengucapkan  terimakasih kepada Tim Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa yang sudah berjalan selama 1 bulan lebih.

Pendataan SDGs ini menggunakan aplikasi yang memuat survey Desa, Dusun, Keluarga dan Individu. Penginputan ini dilakukan secara online dan offline karena terkadang aplikasi  SDGs erorr tidak dapat dibuka. 

” Terlepas dari berbagai kendala yang dihadapi Alhamdulillah pendataaan SDGs ini selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) maksimal pada tanggal 31 Mei 2021,” kata Jubaili.

Kadis DPMG Kabupaten Aceh Selatan Agustinus, SH,  menjelaskan bahwa Gampong Mata Ie merupakan Gampong yang perdana melaksanakan Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pemutakhiran Data berbasis SDGs di Kabupaten Aceh Selatan. 

Pendataan SDGs (Suitainable Development  Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan program prioritas nasional yang diatur di dalam Permendes No. 20 Tahun 2020 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 serta Permendes Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Ia berharap momentum pendataan SDGs Desa ini menjadikan Kantor Keuchik sebagai Pusat Data atau Bank Data terpadu yang ditempel di kantor desa dan diupdate secara berkala. 

Sementara itu Anakhi, SP Camat Pasie Raja mengapresiasi kinerja Tim Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa, PLD dan PD yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan kegiatan pendataan ini.  ” Tentunya ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kecamatan Pasie Raja,” singkat Camat.

Senada dengan itu, Eri Muntiadi, SKM, selaku Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) turut memberikan apresiasi kepada Gampong Mata Ie yang telah menyelesaikan kegiatan pendataan SDGs ini. Kemungkinan besar kita termasuk 3 besar tingkat provinsi yang telah menyelesaikan pendataan SDGs ini. Tapi data SDGs desa ini juga harus sesuai dengan data Indeks Desa Membangun (IDM) yang duluan telah diselesaikan. (Yat)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Kadispora Simeulue: Fasilitas Hanya Jomblo Tapi Semangat Atlet untuk Latihan Sangat Militan 

27 March 2024 - 21:28 WIB

Tim SAR gabungan kembali temukan 6 mayat warga Rohingya di Aceh Jaya, total sudah 9 jenazah

26 March 2024 - 14:38 WIB

Apartemen Kepiting Ala Danlanal Simeulue

25 March 2024 - 21:51 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Trending di DAERAH