Murid TK RUMAN Aceh Himpun Donasi Peduli Palestina

HARIANRAKYATACEH.COM – Ikut serta peduli terhadap penderitaan masyarakat Palestina pasca penyerangan zionis Israel baru-baru ini. Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) di bawah PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menghimpun donasi dari keluarga murid dan guru.

Kepala TK RUMAN Aceh, Fitri Mukirah, S.Pd., menuturkan, donasi tersebut dihimpun selama dua hari berturutan., Senin dan Selasa (24-25/5/2021) di halaman sekolah mereka yang berada di gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

“Digelar dua hari, karena kegiatan belajar tatap muka 4 kelas anak murid kita dibagi dua shift (giliran) sejak awal semester genap tahun ajaran 2020/2021. Besaran donasi tidak ditentukan, disesuaikan dengan kemudahan masing-masing keluarga”, ujar Kirah.

Kotak donasi bertuliskan “Kotak Amal untuk Rakyat Palestina” yang dibuat oleh bunda guru, kata kirah selanjutnya, diletakkan di halaman Sekolah. Secara bergantian anak-anak memasukkan lembaran uang. Ada juga orang tua yang langsung memasukkannya.

“Alhamdulillah, terhimpun donasi dari keluarga anak murid kita sebesar Rp 1.015.000 dan Rp 380.000 dari bunda guru. Donasi itu telah kita serahkan kepada IGTKI Kecamatan Jaya Baru yang akan mengumpulkannya kepada Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh”, imbuh Kirah.

Mengasah Kepedulian

Sementara itu, Ketua PKBM RUMAN Aceh, Rizky Sopya. S.Pd., mengungkapkan bahwa partisipasi dalam menghimpun donasi tersebut merupakan bagian dari ikhtiar mengasah kepedulian anak-anak sejak usia dini terhadap masalah sosial dan kemanusiaan.

“Kita tidak melihat besaran angka yang didonasikan anak-anak murid kita yang notabene dhuafa. Semangat kepedulian dan berbagi yang menjadi fokus dan apresiasi kita. Sebelum ini, anak-anak kita juga berbagi untuk saudara mereka yang tertimpa musibah, baik di dalam maupun luar Aceh”, ungkap Rizky.

Dari total 89 murid saat ini, imbuh Rizky, 70 anak merupakan fakir miskin yang bersekolah secara gratis di TK RUMAN Aceh. Selebihnya, berbayar sebagaian dan berbayar penuh.