Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 30 May 2021 22:06 WIB ·

Pengungsi Korban Kebakaran Butuh Kelambu Anti Nyamuk


 Pengungsi Korban Kebakaran Butuh Kelambu Anti Nyamuk Perbesar

Harianrakyataceh.com – ‎10 Kepala Keluarga (KK) dari 20 KK korban  kebakaran hebat, Kamis (27/5) lalu, yang mengungsi dan masih bertahan di tenda darurat, keluhkan setiap malam manjadi santapan nyamuk karena tidak tersedianya kelambu anti nyamuk.

‎10 KK sejak 27 Mei 2021 lalu telah menempati tenda darurat yang berlokasi di desa Amiria Bahagia Kecamatan Simeulue Timur, untuk mengusir nyamuk hanya mengandalkan obat anti nyamuk bakar dan obat anti nyamuk oles, sehingga tidak maksimal untuk menghadang nyamuk.

“Kalau nyamuk memang banyak, dan nyamuknya tidak mempan dengan obat anti nyamuk‎. Kami memohon sangat membutuhkan kelambu, kasihan anak-anak kami,” kata Amir (45) salah seorang korban kebakaran, kepada harianrakyataceh.com, Sabtu (29/5) malam.

Masih menurut Amir, sambil mengamati keluargana sedang sarapan malam, selain gangguan nyamuk juga berharap untuk lantai tanah dalam tenda darurat yang hanya beralaskan plastik sehingga menimbulkan hawa dingin dan rawan genangan air bila hujan turun‎.

Hal senada juga ditambahkan, Ani salah seorang korban kebakaran yang diperkirakan berusia sekitar 40 tahun, selain jadi santapan nyamuk dan berharap ada bantuan kelambu, juga lokasi pengungsian banyak binatang penghisap darah lainnya, jenis pacet atau lintah kecil.

“Disini banyak juga pacat, selain nyamuk dan lantainya rawan genangan air,” katanya dan sesaat sekitar 20 menit kemudian harianrakyataceh.com saksikan, menyaksikan tiba-tiba Ani menjerit ketakutan dan meminta bantuan anaknya untuk melepaskan pacet yang sedang menghisap jari tangannya.

‎Harianrakyataceh.com, melintasi salah satu tenda darurat seorang ibu rumah tangga korban kebakaran yang sedang menjaga dua anak kecil yang terlelap, meminta kasur jenis matras dan kelambu serta plastik penutup tenda darurat, disebabkan saat angin dan hujan tanpa hambatan bebas masuk kedalam tenda darurat.

“Pak, mintalah kalau masih ada kasur. Tolonglah ada penutup pintu masuk kedalam tenda, sebab kalau ada angin dan hujan masuk kedalam tenda,” kata seorang ibu rumah yang ditaksir berusia 30 an tahun, yang mengira harianrakyataceh.com, petugas posko pengusian, Sabtu (29/5) malam.

Terkait permintaan kelambu tersebut, Edi Rahman Kalak BPBD Simeulue menyebutkan stok kelambu tidak ada dan sedang berupaya melakukan koordinasi untuk ketersediaan kelambu anti nyamuk yang diharapkan pengungsi korban kebakaran.

“Di BPBD tidak ada lagi stok kelambu, kita sedang koordinasi dengan sejumlah instansi lainnya, mana tau ada stok kelambu yang dikeluhkan korban kebakaran yang mengungsi di tenda darurat‎, dan juga kita coba koordinasinya dengan pihak badan usaha milik negara maupun badan usaha swasta, mana tau mereka mau membantu kelambu,” kata Edi Rahman kepada harianrakyataceh.com, Minggu (30/5).

‎Sejumlah kalangan menyebutkan, penanganan pengungsi korban bencana kebakaran berbeda dengan penanganan pengungsi korban bencana alam lainnya, disebabkan untuk korban bencana kebakaran, seluruh harta benda dan tempat tinggalna tidak terselamatkan, habis terbakar.

“Bedalah penanganan pengungsi korban bencana‎ kebakaran dengan pengungsi bencana lainnya. Kalau korban bencana kebakaran, itu harta benda dan rumahnya habis tidak tersisa, jadi harus lebih konsisten dan berkesinambungan, disini seluruhnya harus berperan, terutama dari BUMN, di Simeulue kan banyak BUMN, jangan hanya mengharap dan mengira ini tugas Pemerintah Daerah saja,” kata Sastra salah seorang warga setempat, Minggu (30/5). (ahi/rif)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH