Mantap, Mutu Pendidikan Kota Subulussalam Berada di Rangking 13 se Aceh

Laporan : Kaya Alim, Subulussalam

HARIANRAKYATACEH.COM – Angka mutu Pendidikan di Kota Subulussalam terus mengalami peningkatan dari sebelumnya. Kini, angka mutu Pendidikan Kota Subulussalam berada di posisi 13 se Provinsi Aceh.

“ Tahun 2021, mutu Pendidikan di Kota Subulussalam mengalami kenaikan dan saat ini sudah berada di rangking 13 dari 19, tahun 2020 lalu se Provinsi Aceh “ kata Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Aceh, DR. Muslihuddin saat dikonfirmasi Rakyat Aceh melalui pesan WhatsApp, Selasa (1/6/2021).

Muslihuddin mengatakan, perhitungan hasil rapor mutu Pendidikan yang dilakukan pihaknya mengacu pada penilaian 8 standart pendidikan. Muslihuddin pun mengapresiasi atas kerja keras Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam beserta jajaran sehingga mampu keluar dari angka yang sebelumnya berada di peringkat 23 menjadi 19, tahun 2020 dan kini kembali naik ke posisi 13 se Provinsi Aceh.

“ Peringkat ini tentu dianggap luar biasa karena untuk menuju 1 peringkat saja sebenarnya sulit kalau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tidak menyiapkan langkah-langkah yang sesuai standart penilaian LPMP Aceh “ tulis Muslihuddin.

Selain itu, Muslihuddin juga membeberkan dari 23 Kabupaten/Kota se Aceh, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam berada peringkat 1 tercepat dalam penyampaian data progres pelaporan kinerja ke Provinsi.
Langkah Dinas Pendidikan Kota Subulussalam, kata Muslihuddin, melalui Pilot Projeck baik ditingkat SD an SMP harus didukung semua pihak demi kemajuan Pendidikan kedepan.

“ Kami dari LPMP Aceh siap melakukan pendampingan menyukseskan program Dinas Pendidikan Kota Subulussalam. Termasuk saat ini Dinas Pendidikan Kota Subulussalam sedang melakukan seleksi Calon Kepala Sekolah dan Pengawas “ tambahnya.

Menurut Muslihuddin, kedua program tersebut yaitu Pilot Projeck dan Cakep sangat diperlukan pemenuhan untuk meningkatkan mutu Pendidikan yang lebih baik lagi kedepannya.
Bukan hanya untuk Subulussalam, untuk daerah lainya juga hal yang sama dilakukan untuk mendukung kemajuan dunia Pendidikan (lim)