Masjid Agung Baitul Izzah Direncanakan Fungsional Tahun Depan

Desain Masjid Agung Baitul Izzah. foto ist

HARIANRAKYATACEH.COM –  Bupati Aceh Jaya Drs HT Irfan TB, dalam rapat terbatas setelah pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Kantor Bupati Aceh Jaya menyampaikan kabar baik kepada masyarakat Aceh Jaya, bahwa Masjid Agung Baitul Izzah direncanakan akan fungsional tahun 2022.

“Bupati juga menyampaikan Insya Allah untuk salat ied tahun 2022 akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Izzah,” kata  Juru Bicara Bupati Aceh Jaya, Fadjri, SH, Selasa (01/06/2021).

Sejauh ini, kata Fadjri, pembangunan Masjid Baitul Izzah terus dilakukan, dan anggaran yang sudah terserap uuntuk pembangunannya sampai dengan tahun 2021 sudah mencapai Rp 47 miliar.  Insya Allah, di tahun 2022 sudah ada persetujuan melalui dana otonomi khusus sebesar Rp20 miliar.

Bupati juga sudah memanggil pihak Dinas PU untuk melihat sejauh mana pembangunan Masjid Agung Baitul Izzah pada tahun 2020 lalu dan yang akan dikerjakan pada tahun 2021 dan 2022 mendatang.

Sedangkan untuk tahun 2021 akan fokus pada pengerjaan bagian dalam masjid dan ditargetkan rampung pada tahun 2021 ini, termaksud gedung-gedung utama dan lantai mesjid.

“Kita mohon dukungan dari Masyarakat kita khususnya Masyarakat Aceh Jaya dan masyarakat Aceh secara umum agar pembangunan Mesjid Agung Baitul Izzah berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan rencana,” ujarnya.  

Pihaknya juga berharap, nantinya Masjid Agung Baitul Izzah ini menjadi kebanggaan kita semua, dan menjadi icon Aceh Jaya.

Apalagi letak Mesjid juga sangat strategis berada tepat di jalan Nasional, sehingga Masyarakat Aceh yang melintasi dapat singgah dan melaksanakan ibadah dengan nyaman.

Pemerintah Aceh Jaya sejauh ini terus menggalakan program-program pembangunan yang dapat membawa manfaat langsung kepada Masyarakat dan juga dapat menjadi pendorong Pendapatan Daerah seperti halnya pembangunan rumah sakit yg terletak tepat di seberang jalan Masjid Agung Baitul Izzah.

“Bapak Bupati Aceh Jaya, mengharapkan doa dan dukungan seluruh elemen Masyarakat untk sama2 memajukan Aceh Jaya, mempercepat pembangunan ekonomi, sosial dan kesejahteraan Masyarakat,” ucapnya.

Bupati juga menyampaikan kalau sesuai dengan gambar lanskap yang ada saat ini mesjid besar Aceh Jaya kembali membutuhkan anggaran sebesar Rp60 Miliar lagi.

Data yang diperoleh dari pihak PU sendiri Masjid Agung Aceh Jaya untuk tahap pertama  dikucurkan anggaran Rp2,2 miliar dari dana otsus Provinsi, Tahap II Rp.15 miliar, tahap III Rp15 miliar tahap IV tahun 2021 ini Rp15 miliar serta tahun 2022 mendatang Rp20 miliar. (he/ra)